Regulasi Baru WSBK 2016, Race Pertama Pindah ke Hari Sabtu

0
Regulasi-WSBK-2016
Salah satu regulasi baru di WSBK 2016 adalah dipindahkannya race pertama ke hari Sabtu untuk memberikan jeda pembalap berstrategi serta menjangkau penonton lebih banyak. Foto: Dorna WSBK

Spanyol (naikmotor) – Tak hanya di ajang balap MotoGP Dorna Sports melakukan revisi besar-besaran pada regulasi balap, teknis hingga aktivitas off track pembalap pre-race. Namun di ajang World Superbike Championship (WSBK) tahun 2016 pun dilakukan rombakan besar.

Kali ini Dorna Sports melakukan ubahan pada jadwal balapan yang biasanya digelar pada hari Minggu sebanyak dua race sekaligus. Ubahannya adalah race pertama dipindahkan ke hari Sabtu, persis setelah sesi kualifikasi kelas Supersport berlangsung.

Pemindahan jadwal ini dilakukan untuk memberikan daya jangkau dan jumlah tontonan yang lebih seru. Bukan hanya bagi para pengunjung di sirkuit, namun juga para penonton di seluruh dunia yang menyaksikan balapan dari layar kaca di rumah mereka.

“Perubahan besar di jadwal balapan dan rundown pelaksanaan balap secara keseluruhan di ajang balap WSBK tahun depan, bakal kunci untuk membawa fans balap WSBK lebih dekat ke aksi yang sebenarnya. Bukan hanya penonton langsung, namun juga untuk penonton di segala penjuru dunia,” tulis pernyataan resmi dari penyelenggara balap WSBK.

Bukan hanya dari sisi penonton yang diberikan waktu untuk tontonan lebih seru, namun juga dari sisi pembalap. Adanya jeda waktu sehari, membuat mereka bisa menyiapkan strategi berbeda pada race kedua. Kemudian strategi fisik juga bisa dibenahi untuk membuatnya tampil lebih baik.

Pemindahan jadwal race-1 ke hari Sabtu, membuat penyelenggaraan balapan diprediksi menuai animo lebih tahun depan. Semoga saja lebih menarik. (Spy/NM) 

LEAVE A REPLY