Isu Detonasi dan Galeri Foto ARRC Sentul 2016

2
81
ARRC Sentul 2016
ARRC Sentul 2016
Aksi pembalap Imanuel Pratna yang impresif di kelas AP250 ARRC Sentul 2016. Foto: Arif

NaikMotor- Indonesia mendominasi podium balapan ARRC Sentul 2016 di kelas Underbone, Supersport 600, Asia Dream Cup dan Suzuki Asia Challenge, (6-7/8/2016). Indonesia hanya gagal podium di kelas Asia Production 250 yang ditengarai akibat kualitas bahan bakar.

Galang Hendra dan Rey Ratukore dua ujung tombak Yamaha Racing Indonesia di kelas AP250 yang konon mengalami masalah akibat sistem pembakaran khususnya di race pertama saat mereka tengah berada di depan.

Kondisi ini akibat setting mesin telah menggunakan perbandingan kompresi tinggi   di atas 13 : 1 mengingat tipikal Sirkuit Sentul namun tidak diimbangi dengan pembakaran yang baik.

Menghadapai race dua, mesin dibongkar, dan diketahui masalahnya terletak pada kerja sistem pembakaran yang tidak sempurna membuat piston tergores. Tim Yamaha Indonesia mengajukan permohonan pergantian mesin.

“Masalahnya ada di sistem pembakaran, kemungkinan ada masalah pada bahan bakar. Ada kotoran di mesin yang membuat piston tergores,” terang Manajer Tim Yamaha Racing Indonesia Wahyu Rusmayadi saat berbincang dengan NaikMotor.com.

Kerusakan mesin bukan hanya dialami oleh tim Yamaha Indonesia. Beberapa tim besar di kelas AP250 juga mengalami masalah serupa.

“Tim-tim lain juga mengalami masalah yang sama. Saat kita mengajukan penggantian mesin, ada 11 tim di AP250 yang ganti mesin karena kerusakan di titik yang sama,” terang Wahyu.

Menanggapi masalah kualitas bahan bakar, Ron Hogg dari Two Wheels Motor Racing selaku promotor event mengatakan bahwa bahan bakar Pertamax Plus diambil langsung dari depo.”Kenapa enggak pakai tangki karena mobilnya rusak. Sama dengan tahun lalu kok, kita langsung order ke Pertamina,” sebut Ron.

Nah, kenapa penyebabnya? Mungkin pembuktian di laboratorium resmi untuk mengetahui kualitas bahan bakar bisa menjadi solusinya.

Namun, di balik itu, penampilan impresif ditunjukan oleh Imanuel Pratna yang mampu mencapai finis terbaik keempat di antara pembalap Indonesia. Hasil berguru pada Valentino Rossi di VR46 Yamaha Master Camp ternyata ikut mendongkrak performanya untuk bisa bersaing di barisan depan meski belum bisa menggapai podium.

Dan berikut galeri foto ARRC Sentul 2016.(Arif/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*