Suicide Customs Berjaya di Kompetisi Custom Bike AMD Intermot 2016

1
237
suicide customs
Rumble Racer karya Suicide Customs dari Jepang berjaya di ajang AMD World Championship of Custom Bike Building Intermot 2016. Foto: AMD

NaikMotor – Builder Jepang, Koh Niwa dari Suicide Customs meraih penghargaan tertinggi AMD World Champion of Custom Bike Building dalam ajang 12th AMD World Championship di Intermot Customized, yang berlangsung di Koln, Jerman, Minggu (9/10/2016).

Suicide Customs mengalahkan builder tuan rumah  67 peserta dari 23 negara dan 82 sepeda motor kustom lainnya.

Raihan Suicide Customs itu mencatatkan untuk ketiga kalinya builder dari Jepang meraih penghargaan tertinggi dalam ajang tersebut. Padahal sistem penilaian nya berdasarkan akumulasi nilai yang diberikan oleh seluruh peserta itu sendiri.

Penghargaan atas kemenangan di kelas Freestyle itu akan dipegang selama dua tahun ke depan.

Suicide Customs yang menampilkan tema “Rumble Racer” 1.000 cc V-twin ternyata memiliki cerita yang unik menjelang keikutsertaannya. Motor  dibuat hanya beberapa minggu sebelum acara, yang membuat sang builder, Koh Niwa dalam tekanan menjelang hari-hari terakhir kejuaraan dunia tersebut.

Termasuk harus mengetes model kustom itu agar mampu dijalankan, sebagai salah satu syarat kepesertaan.  Suicide Customs mengikuti kelas Freestyle yang diikuti 42 sepeda motor peserta, yang berasal dari 14 negara.

Dalam perlombaan, juara kedua diraih Michsel Naumann dari Jerman dengan tema Simple Iron pada model Ironhead Sportster.

Juara kedua Michsel Naumann dari Jerman dengan Simple Iron Ironhead Sportster
Juara kedua Michsel Naumann dari Jerman dengan Simple Iron Ironhead Sportster

Sementara juara ketiga yang juga juara kedua pada 2014, Fred “Kruger” Bertrand dari Belgia yang menampilkan LADD dengan S&S Cycle 103.

LADD dengan S&S Cycle 103 Fred Krugger
LADD dengan S&S Cycle 103 Fred Krugger

Dan juara keempat dan kelima diraih peserta dari Amerika Serikat, masing-masing Kontrolled Kaos karya Larry Moore dari Wichita, Kansas dan Alcatraz 521 karya North Coast Custom.

Uniknya, di kelas model popular untuk modifikasi, Harley-Davidson, malah diraih oleh builder Jerman, Christoph Madaus dengan Milwaukee Mile menggunakan S&S 1.340cc. Demikian juga di kelas Retro Modified dimenangkan PDF Motociclette dari Italia yang mengusung tema Amerika Hawaii dengan Big Kahuna, menggunakan mesin JD 8 katup 1.000 cc 1927.

Di kelas Cafe Racer pemenangnya dari Eropa Timur, Ukraina, mengusung tema Beckman, Kharkov dari Iron Custon Motorcycles mengusung mesin 2 tak handmade 555cc, 56 daya kuda.

Di kelas Street Performance, juara 2013 dari Irlandia yang dunia kustomnya  tengah berkembang, Mick OlShea dan Don Cronin dari Medaza Cycles, menampilkan Road Feber berbasis Ducati 750 1978.

Intermot Customized merupakan konsep show-in-the-show yang mengayomi industri kustom, yang dikagumi peserta pameran dan pengunjung, sebagai ajang yang menginspirasi dan aspirasi lingkung pameran, bagaimana profesional itas pasar kustom internasional tahun-tahun mendatang.

Event digelar di Hall 10 Intermot, yang juga menampilkan produk OEM dan aftermarket. AMD World Championship berikutnya akan diselenggarakan pada Intermot 2018 yang akan berlangsung di Cologne Exhibition Center (Koelnmesse), Koln Jerman. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*