Kejurnas Sport 250cc akan Gunakan Ban Dunlop di IRS Seri 5

2
104
IRS Seri 5
Syahrul Amin berada terdepan pada balapan IRS Seri 4. Foto: Dok. NMC

NaikMotor – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indospeed Race Series (IRS) 2016 seri lima akan berlangsung Sabtu dan Minggu 12-13 November 2016. Balapan seri terakhir nanti akan menerapkan regulasi one make tyre menggunakan ban Dunlop.

IRS seri terakhir akan menyuguhkan pertarungan sengit,  terutama di kelas sport 150cc, di mana tiga pembalap, yakni Wahyu Aji Trilaksana, Irwan Ardiansyah, dan Syahrul Amin masih memperebutkan mahkota juara. Wahyu memimpin di puncak klasemen, sementara Irwan dan Syahrul hanya terpaut satu poin di urutan dua dan tiga.

Jika pada seri-seri sebelumya setiap tim wajib menggunakan ban produksi lokal, salah satunya IRC Fasti 1, di seri pamungkas produsen ban asal Inggris akan menjadi pemasok ban tunggal di kelas 250cc.

“Di IRS seri lima semua tim akan pakai ban Dunlop. Adapun ban yang dipakai untuk kelas 250 adalah Dunlop Alpha 13. Ban tersebut merupakan jenis dual purpose yang diguanakan di ARRC tahun ini. Jadi bisa dipakai dalam keadaan kering dan basah,” jelas Perwakilan dari Indospeed, Stevi Gunardi.

Di seri sebelumnya, IRS juga telah mengubah ketetapan pemakaian jenis bahan bakar, dari Pertamax Plus menjadi Pertamax Turbo yang mempunyai oktan lebih tinggi, yakni 98.

“Tidak ada complain (dari tim) soal penggunaan Pertamax Turbo pada seri 4 lalu. mereka menerima, karena memang Pertamax Plus sudah tidak tersedia,” jelas Stevi.

Sementara itu, Persaingan gelar juara di kelas 250 menyisakan dua pembalap di posisi teratas klasemen, Syahrul Amin diuntungkan dengan perolehan 88 poin, unggul 20 poin dari pesaing terdekatnya, M.H Zaki Adil. (Yudistira/nm)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

*