Rossi Bukukan Kemenangan ke-5 Kali di Monza Rally

1
89
Rossi Bukukan Kemenangan Ke-5 Kali di Monza Rally
Rossi Bukukan Kemenangan Ke-5 Kali di Monza Rally. Foto: crash.net

NaikMotor – Valentino Rossi akhirnya membukukan kemenangan ke-5 kali di Monza Rally. Juara dunia MotoGP 9 kali itu bahkan mengalahkan pembalap WRC, Daniel Sordo.

Di Monza Rally 2016 yang diselenggarakan pada 2-4 Desember 2016, The Doctor menggunakan mobil Ford Fiesta RS WRC, dan ditemani navigator Carlo Cassina.

Rossi memenangi reli di sirkuit Autodrome Monza itu yang telah diselenggarakan sejak 1978. Kemenangan ke-5 itu melengkapi kemenangan sebelumnya pada  2006, 2007, 2012 dan 2015.

Penyelenggaraan reli akhir tahun Italia ke-37 itu menjadi menarik karena pesertanya campuran para pembalap berbagai cabang motorsport. Baik pembalap MotoGP, superbike, F1, WRC, dan motocross hingga pembalap enduro menjadi pesertanya.

rossimonza_1Fiesta racikan M-Sport yang digunakan Rossi dan navigator Carlo Cassina membuatnya berhasil mengalahkan pembalap WRC, Daniel Sordo yang mengendarai Hyundai. The Doctor meninggalkan pembalap WRC itu dengan waktu 18,4 detik setelah satu setengah jam kompetisi melibas 10 stages.

Sementara posisi ketiga ditempati oleh pembalap endurance Marco Bonanomi yang mengendarai Citroen, hanya terpaut setengah detik dari juara kedua.

Rossi juga mencatatkan kemenangan ganda dengan menjuarai Monster Energy Masters Show. Sementara Davide Brivio, manajer tim Suzuki berada di posisi ke-5, sedangkan sahabat Rossi, Alessio ‘Uccio’ Salucci berada di posisi ke-9.

“Dalam beberapa tahun, bersama Monster Energy, kami telah membangun event menjadi sesuatu yang sangat istimewa,” ujar Rossi kepada crash.net. “Tahun ini kami didukung cuaca yang sangat bagus, sehingga banyak orang bisa menyaksikan dan memberi dukungan.”

Rossi juga mengatakan, mengakhiri musim dengan kemenangan menjadi kebahagian tak terhingga. Untuk memenangkan reli dan Master Show pada saat yang bersamaan adalah sangat fantastis. Meraih kemenangan di arena terbaik dan atmosfir yang hebat di Monza menjadi istimewa bagi tim.

“Saya sebelumnya sangat fokus dalam keseluruhan musim MotoGP, jadi ketika memasuki akhir November, setelah seri Valencia, Saya tak sabar lagi bergabung dengan tim dan mengendarai mobil reli Saya. Tentu Saya selalu ingin kompetitif, baik sebagai pembalap sepeda motor atau pereli. Dan Saya ingin berjuang untuk podium, dengan bermobil di Monza ini, dan sekakigus ucapan sampai bertemu tahun depan,” papar The Doctor dengan antusias.

Rossi tak lupa menyebutkan saat bertemu dengan Uccio dan Brivio, mereka bertaruh akan siapa yang menang dalam event saat ini. Sebagai penambah semangat bertanding tanpa tekanan seperti saat di MotoGP.

Usai reli Monza, Rossi akan kembali ke balap MotoGP untuk menyelesaikan uji musim dingin, yang akan berakhir di Sepang, Januari 2017 mendatang. (Afid/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*