Begini Penampakkan Fairing Baru Ducati Desmosedici GP17

0
157
Fairing baru Ducati
Fairing baru Ducati dicoba di tes MotoGP Qatar. Foto: Istimewa

NaikMotor – Ducati akhirnya mengungkap bentuk fairing terbaru Desmosedici GP17 di hari kedua tes MotoGP Qatar, Sabtu (12/3/2017). Fairing baru Ducati yang dijajal Andrea Dovizioso memiliki dimensi lebih lebar ketimbang versi sebelumnya, dan memiliki dua rongga besar di bagian sisi.

Jika diperhatikan dengan seksama, fairing baru Ducati Desmosedici GP17 memiliki sayap yang memuat rongga besar tersebut. Di bagian tengah juga terdapat sebuah lubang yang bentuknya mirip dengan mulut ikan mas.

Fairing berbentuk nyentrik itu dibuat pabrikan asal Borgo Panigale, Italia untuk membuat downforce motor lebih baik. Rongga besar di bagian sisi sepertinya bakal turut mempengaruhi kecepatan dan stabilitas motor, di mana lubang tersebut bakal mengalirkan angin ke belakang, sehingga motor mendapatkan tekanan lebih sedikit ketikan menerobos angin.

Foto: Crash Media

Setelah penggunaan winglet resmi dilarang, pabrikan peserta MotoGP melakukan inovasi dalam menciptakan fairing yang menghasilkan aerodinamis lebih baik pada motor. Yamaha sudah lebih dulu menggunakan fairing baru saat tes MotoGP Malaysia, diikuti Suzuki dan Aprilia memunculkan perangkat fairing dengan winglet terselubung di Australia. Honda baru menggunakan fairing dengan tameng di hari pertama tes MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, Jumat (11/3/2017).

Satu hal menarik lain dari Ducati pada tes MotoGP Qatar, yakni penambahan kabel pada perangkat buntut yang beken disebut ‘salad box’. Belum muncul penjelasan detail dari Tim Merah soal fungsi dari peranti yang mulai digunakan saat tes MotoGP Malaysia. (Yudistira/nm)

 

LEAVE A REPLY

*