Nih Daftar Finalis Kota dan Kabupaten dengan Pengelolaan Keselamatan Jalan Terbaik 2018

0
Finalis Kota dan Kabupaten dengan Pengelolaan Keselamatan Jalan Terbaik 2018
Pemenang IRSA 2015. Kini Finalis Kota dan Kabupaten dengan Pengelolaan Keselamatan Jalan Terbaik 2018 telah diumumkan. Foto: NMC

NaikMotor – Penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2018 kembali digelar untuk keenam kalinya. IRSA telah memilih 23 Finalis Kota dan Kabupaten dengan pengelolaan keselamatan jalan terbaik 2018.

IRSA merupakan rangkaian dari program corporate social responsibility (CSR) Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!. Kampanye ini digagas dengan tujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintah terus peduli terhadap keselamatan jalan.

Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head Adira Insurance, menegaskan, “Semangat dari program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota dan kabupaten agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya sehingga tercipta keselamatan jalan yang semakin baik.”

Di tahun 2018, tercatat sebanyak 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 Finalis Kota dan Kabupaten dengan pengelolaan keselamatan jalan terbaik 2018.

Kota dan kabupaten tersebut telah memenuhi kriteria berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya. Hingga saat ini, tahapan yang sedang berlangsung adalah observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan terhadap 23 finalis IRSA 2018, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan.

Tahun ini, IRSA 2018 juga dilakukan dengan menambahkan atribut observasi seperti penerapan Smart City, pedestrian light crossing, yellow box junction, hingga pengecekan materi keselamatan jalan pada kurikulum sekolah. Selain itu parameter lainnya pun telah diperluas.

Proses sharing session dan penjurian tahun ini juga merupakan pengembangan dari IRSA 2018. Tahapan ini nantinya akan dilakukan pada September mendatang dan berlangsung di Kota Surabaya. Pada tahap penjurian, finalis IRSA akan memaparkan berbagai program tata kelola keselamatan jalan di daerahnya di hadapan para juri yang terdiri dari perwakilan lima pilar keselamatan jalan dan para pakar road safety lainnya. Adapun penilaiannya mengacu pada lima pilar keselamatan jalan yang telah dicanangkan WHO dan diadopsi oleh banyak negara di dunia yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan dan penanganan pra dan pascakecelakaan.

Adapun pemenang tahun ini akan diumumkan pada penganugerahan penghargaan IRSA 2018 yang akan diselenggarakan pada November 2018. Sebagai apresiasi kepada Finalis Kota dan Kabupaten dengan pengelolaan keselamatan jalan terbaik 2018. (Rls/NM)

Finalis Kota dan Kabupaten dengan Pengelolaan Keselamatan Jalan Terbaik 2018:

Kota dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi:
Kota Banjarmasin
Kota Bogor
Kota Bandung
Kota Pekalongan
Kota Yogyakarta

Kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah:
Kota Ambon
Kota Bitung
Kota Bontang
Kota Probolinggo
Kota Samarinda

Kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi:
Kab. Tangerang
Kab. Jepara
Kab. Cianjur
Kab. Kuningan
Kab. Pacitan

Kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk rendah:
Kab. Banyuasin
Kab. Bangka
Kab. Barito Kuala
Kab. Kotabaru
Kab. Ogan Komering Ilir

Excellent City:
Kota Balikpapan
Kota Tangerang
Kota Semarang

LEAVE A REPLY

*