Siapa Itu Tommy Manoch Pemilik Motor CB72 Ulah Adigung ?

0
Ulah-Adigung-Tommy-Manoch_4
Tommy Manoch, pembalap legenda Indonesia kelahiran Bandung mewarisi semangat Ulah Adigung yang dituliskannya di tangki motor Honda CB72 250cc di balapan GP Indonesia tahun 1963. Foto: Dok Ulah Adigung Project

Jakarta (naikmotor) – Tommy Manoch salah satu tokoh balap di Indonesia yang mewarisi semangat pantang menyerah dalam berusaha khususnya ketika balapan dan menghargai orang lain tanpa rasa sombong seperti tulisan di tangki motornya, Ulah Adigung atau Jangan Sombong.

Penulisan kata Ulah Adigung pada tangki motor itu sendiri dilatar belakangi kekesalan Tommy Manoch atas kecurangan yang sering terjadi pada era balap saat itu. Tommy Manoch sebelumnya pernah menjadi korban kecurangan dimana tangki motor nya diisi air sehingga mesin motor tidak bisa hidup.

Oleh karena itu, sebelum balapan Grand Prix dimulai, Tommy Manoch mengecat sendiri tulisan tersebut kepada tangki motor nya sebagai pesan untuk semua pihak termasuk dirinya agar tidak sombong dan menjadi pebalap yang baik.

Tommy Manoch lahir di Bandung, pada 3 Maret 1948 dan mulai mengenal dunia balap lewat sepeda. Sejak umur 8 tahun. Beliau sudah mengikuti balap sepeda sampai mengikuti tur Jawa-Bali.

Pada umur 14 tahun beliau berpindah hati kepada sepeda motor dan banyak mengikuti balap mulai dari Bandung, Jakarta dan Surabaya. Motor yang dipakai mulai dari Suzuki, CB92, CB 72, BSA Goldstar, dan Kawasaki. (rls/NM)

Berikut  adalah spesifikasi motor Honda CB 72 Ulah Adigung yang dipakai oleh Tommy Manoch pada Grand Prix 1963:

Kelas                                   : standard, sport bike
Mesin                                  : Wet Sump, 180 Degree Crank
Rasio Kompresi                : 10 : 1
Power                                  : 24 horse power, 9000 rpm
Frame                                  : Single loop, Tubular
Suspensi                              : Telescopic fork
Rem                                      : 8 Inch Double Leading Shoe
Ban                                       : 2.75 & 3.00 Inch
Velg                                      : 18 Inch
Berat                                    : 153 Kg

LEAVE A REPLY