Wah, R10 Sirkuit Aragon akan Dinamai Tikungan Marc Marquez, Rossi Saja Belum

0
R10 Sirkuit Aragon akan Dinamai Tikungan Marc Marquez
Marc Marquez akan diabadikan namanya di salah satu tikungan Sirkuit Aragon. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Pekan ini MotorLand Aragon akan menjadi spesial bagi Pembalap Repsol Honda asal Spanyol. Pasalnya, R10 Sirkuit Aragon akan dinamai Tikungan Marc Marquez.

Memberikan nama pada tikungan sirkuit semasa Pembalapnya masih aktif sudah jamak dilakukan. Seperti pada 2012 ketika sebuah sudut trek di Philip Island, Australia, yakni R3 dinamai Casey Stoner. Pembalap asal Australia itu tengah memegang gelar dua kali juara dunia MotoGP.

MotorLand Aragon, Spanyol

Selain itu Stoner yang telah berkarir di MotoGP dalam kurun 2007-2012 tercatat selalu menang di seri Philip Island. “Sirkuit itu memang favorit saya , memiliki sudut atas nama saya tentu menjadi penghargaan luar biasa,” katanya saat itu.

Sementara di sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, tikungan terkenal Corkscrew telah dinamai sebagai Rainey Curve. Seiring dengan nama Wayne Rainey, Pembalap Amerika Serikat juara GP500 3 kali.

Di Spanyol, di sirkuit Jerez ada tikungan Angel Nieto dan Sito Pons. Sedangkan di Italia bahkan ada “Misano World Circuit Marco Simoncelli” untuk mengenang Simoncelli yang meninggal pada 2011.

Sebaliknya, banyak pembalap terkenal pada masanya justru tak memiliki kesempatan itu seperti Hailwood, Agostini, Sheene, Roberts, Spencer, hingga Nicky Hayden yang meninggal 2017 karena kecelakaan. Bahkan, Valentino Rossi sendiri hanya bisa berharap kelak namanya akan diabadikan di Autodromo Mugello.

Peresmian R10 Sirkuit Aragon akan dinamai Tikungan Marc Marquez itu rencananya akan dilakukan 20 September 2018 dan dihadiri bos promotor MotoGP Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY