Kustomfest 2018 Hadirkan Pesawat Kustom Pertama RI-X WEL

0
Kustomfest 2018
Kustomfest 2018 akan menampilkan pesawat RI-X WEL. Foto: Aviahistoria.com

NaikMotor – Selain menampilkan motor dan mobil kustom, Kustomfest 2018 akan menampilkan pesawat RI-X WEL. Pesawat ini sangat bersejarah karena merupakan pesawat ‘kustom’ pertama yang dibikin anak bangsa.

Mengutip Aviahistoria disebut pesawat kustom karena RI X WEL sebenarnya tergolong pesawat swayasa (home build). Pesawat ini merupakan proyek TNI AU saat itu untuk uji coba membuat pesawat secara mandiri.

Kustomfest 2018

Spesialnya pesawat ini tidak tampil polos, tapi juga kena sentuhan kustom. Kustom di sini bukan berarti modifikasi murni namun lebih kepada ‘penyegaran.’ Prosesnya dikerjakan oleh Lulut Wahyudi, Director Kustomfest.

“Setelah proses pendekatan yang cukup lama dan panjang dengan pihak Museum TNI AU Dirgantara Mandala, akhirnya turunlah ijin untuk “di touch up dan di restorasi” di Retro Classic Cycles (RCC),” buka Lulut.

“Beberapa bagian kita repair, seperti skin di wings dan fuselage, rib wings, tail wheels gears patah, dan kita painting ulang karena beberapa bagian sudah mulai termakan karat karena usia,” imbuhnya.

Saat ini bagian mesin sudah diperbaiki dengan menggunakan satu mesin motor Harley Davidson WL berkubikasi 750cc sehingga akan menjadi pesawat kustom pertama di Indonesia.

https://www.instagram.com/p/BoQJQanl0Ac/?taken-by=lulut_retro

Pesawat ini tetap menggunakan rangka badan dari besi dan airfoil sayap dari kayu. Kulit pesawat 80% menggunakan kain blacu dengan bagian lainnya memakai materi aluminium terutama pada engine cowling.

“Mari kita banyak banyak belajar pada “para kreator” pesawat RI-X, dengan segala keterbatasan (waktu itu) mereka bisa mendesain, membuilt, dan menerbangkannya. Kita harus meneladani spirit mereka,” pungkas Lulut.(Rls/NM)

Kustomfest 2018

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here