MV Agusta F4 Claudio, Sebuah Mimpi yang Jadi Kenyataan

0
MV Agusta F4 Claudio
MV Agusta melansir edisi spesial bertajuk MV Agusta F4 Claudio. Foto: Motorcycle.com

NaikMotor – MV Agusta melansir edisi spesial bertajuk MV Agusta F4 Claudio. Motor ini diklaim merupakan maha karya MV Agusta (masterpiece) yang merupakan salah satu pionir motor balap jalan raya.

Singkatnya, MV Agusta F4 Claudio adalah pencapaian tertinggi MV Agusta yang disebut oleh pabrikan sebagai ‘mimpi yang menjadi kenyataan’ baik segi rancang bangun, performa dan estetika.

MV Agusta F4 Claudio

Sesuai namanya, MV Agusta F4 Claudio ditujukan sebagai penghormatan kepada Claudio Castiglioni salah satu pendiri MV Agusta, maka tak heran setiap detail di motor ini ditujukan buat Castiglioni.

Uniknya MV Agusta edisi Claudio Castiglioni bukanlah yang pertama. Pada tahun 2006 silam pabrikan juga pernah membuat edisi serupa tapi bernama MV Agusta F4 CC (Claudio Castiglioni).

MV Agusta F4 Claudio

MV Agusta F4 Claudio memakai basis MV Agusta F4 RC, motor yang jadi andalan pabrikan asal Italia tersebut di ajang WSBK. Tak pelak motor ini penuh dengan fitur dan komponen wahid di klan teratas F4.

MV Agusta F4 Claudio

MV Agusta F4 Claudio dan F4 RC merupakan klan MV Agusta F4 pertama yang mengusung struktur sasis campuran, dimana rangkanya disusun dari sasis trelis plus tambahan dua pelat aluminium semacam deltabox.

Jantung pacu diklaim mampu memuntahkan 212 hp pada 13.450 rpm dan torsi 115 Nm pada 9.300 rpm. Namun tenaganya dibatasi oleh limiter pada 14.200 rpm dan ‘hanya’ menghasilkan 205 hp.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here