Giat Dukung Vokasi SMK, Yamaha Raih Penghargaan Kemendikbud

0
vokasi smK
Yamaha menerima penghargaan dari Kemendikbud. Foto: Yamaha

NaikMotor – PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atas dukungan serta kontribusi dalam vokasi SMK yakni meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Indonesia.

Penghargaan atas vokasi SMK dari Yamaha diberikan oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution disaksikan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy dalam acara bertema “Solusi Mengatasi Pengangguran Lulusan SMK” di Jakarta, Rabu (05/12/2018).

GM Aftersales & Motorsport YIMM, M. Abidin, menyatakan penghargaan ini menjadi tantangan bagi perusahaan untuk berkontribusi lebih dalam meningkatkan kualitas serta daya saing generasi muda Indonesia. “Hingga saat ini lebih dari 13.000 SMK tersebar di seluruh Indonesia. Namun, SMK punya tantangan seperti sarana pembelajaran yang tertinggal dari perkembangan industri sepeda motor atau kompetensi Lulusan tidak match dengan kualifikasi Yamaha. Yamaha Indonesia mengambil peran untuk menjadi jembatan antara dunia pendidikan dengan industri. Selama 15 tahun kami terus berkomitmen untuk memajukan pendidikan SMK di Indonesia,” katanya.

donasi sepeda motor
Yamaha secara simbolik memberikan donasi sepeda motor kepada SMK. Foto: Yamaha

Sejak 2003 Yamaha Indonesia telah mendonasikan unit sepeda motor sebagai bahan ajar dan juga telah bekerja sama dengan lebih dari 700 SMK untuk mengimplementasikan kurikulum Kelas Khusus Yamaha (KKY) dengan 49 di antaranya menjadi Kelas Khusus  Ruang Praktik dan Kurikulum standar Yamaha Technical Academy (YTA).

Hingga tahun 2018 Kelas khusus Yamaha telah meluluskan lebih dari 4000 siswa. Hal yang dilakukan Yamaha Indonesia merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Republik Indonesia No.9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia.(Rls/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here