Skuter Listrik Garansindo – ITS akan Dijual Rp 15 Juta

0
Skuter-Listrik-Garansindo---ITS_4
CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah tengah menghidupkan mesin skuter listrik kolaborasi Garansindo dan ITS di ajang IIMS 2015. Foto: Arif

Jakarta (naikmotor)- Garansindo telah menggandeng Instifut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) untuk mewujudkan proyek sepeda motor listrik lokal.

Muhammad Al Abdullah, chief executive officer Garansindo Group, menyatakan,”Kami dari Garansindo telah lama mempunyai cita-cita untuk membuat suatu produk dengan komponen yang 100% dibuat anak bangsa sendiri.Kami menggandeng ITS karena perguruan tinggi ini sudah terkenal inovasi mekatronikanya.”

Konsep motor listrik bermodel skuter tersebut kecuali sel baterainya yang didatangkan dari Jepang dan China, semua komponen bodi dan sistem penggeraknya buatan lokal. Pihak ITS akan berkewajiban melakukan purwa rupa sistem penggeraknya seperti motor listrik, controller, battery pack, display dan managemen baterainya.

Battery management system mempunyai kecepatan proses 1Mbps dengan komunikasi CAN bus, sensor suhu dengan 4 thermistor, mampu mengelola tegangan hingga 180VDC, 2 digital input dan 3 digital input.

“ITS selain membuat penggerak mock up motor, melakukan feasibility study juga untuk menghasilkan produk dengan harga seperti skuter yang mainstream saat ini. Sekitar Rp15 juta,” tutur pria yang akrab dipanggil Memet tersebut.

Sebenarnya konsep yang dinamai P1 tersebut seharusnya diperkenalkan Desember nanti. Tetapi Memet berkilah,”Kita melihat momentum IIMS sebagai sarana yang tepat memperkenalkan produk impian ini. Walaupun konsep masih telanjang, dan komponen kontrol masih diikat safety tie, tetapi sudah terbukti bisa dijalankan secara terbatas.”

Rencananya dalam produksi, banyak vendor terutama UKM dalam negeri yang akan dilibatkan. Pada akhir 2015, prototipe sudah jadi. 2016 unit purwa rupa bisa diurai komponen penyusunnya dan diidentifikasi supplier serta UKM untuk produksi komponen. Pada 2017, konsep akan dianalisa proses manufaktur dan penyiapan proses produksi, jaringan pemasok, serta analisa penetrasi pasar. Dan pada 2018 memasuki tahap produksi massal, dan dipasarkan.

Dengan adanya kerja sama istimewa antara Garansindo dengan Zero Motorcycle dari Amerika dan Italjet dari Italia, tentunya motor Nasional hasil kolaborasi Garansindo dan ITS ini akan mendapat support untuk pengembangan produk, teknologi, design hingga perencanaan pembangunan pabrik dari prinsipal tersebut.

Pasalnya, Zero Motorcycle merupakan pabrikan nomor 1 di dunia untuk sepeda motor listrik premium dan Italjet yang khas dengan design Italianya. Belum lagi ditambah pengalaman Garansindo di dunia otomotif yang sangat mumpuni. Mulai dari jaringan penjualan sampai layanan purna jual yang baik, serta keahlian dan semangat gigih dari ITS makin memantapkan keyakinan proyek motor listrik Nasional ini.

“Dengan dukungan penuh dari prinsipal kelas dunia (Zero Motorcycle dan Italjet), Insha Allah motor listrik Indonesia hasil kolaborasi Garansindo-ITS akan sukses. Tidak hanya di pasar dalam Negeri, namun juga bisa bersaing di pasar dunia.”  tutup Memet. (Afid/nm)

Spesikasi
Model skuter listrik P1
Motor 10kW 96VDC brushless peanent magnet berpendinginan udara
Tenaga puncak 5kW @3.000 rpm
Torsi 15 Nm
Transmisi rantai/sabuk

Dimensi Panjang 1.904mm x Lebar 687mm x Tinggi 1.086mm
Rangka tubular
Suspensi depan teleskopik
Suspensi belakang swingarm w monoshock
Rem depan hidrolik piston tunggal
Rem belakang tromol

Baterai Li-ion 1,98 kWh
Jarak tempuh maksimum 60 – 75 km

Motor control dengan driver half bridge MOSFET 3 parallel, sensor hall effect

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here