Trial-E Masuk Olimpiade, FIM Tengah Mengajukan Petisi kepada IOC

0
75
Trial-E Masuk Olimpiade
Trial-E akan masuk sebagai cabang olah raga di Olimpiade 2024 Paris. Foto: FIM

NaikMotor – FIM mengajukan petisi kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) agar Trial-E masuk Olimpiade sebagai salah satu cabang olahraga. Trial-E diajukan sebagai cabang di Olimpiade 2024 Paris.

Tidak ada yang menyangkal Trial adalah olahraga yang luar biasa sulit, membutuhkan latihan bertahun-tahun, stamina tinggi, dan kontrol yang luar biasa. Apakah bisa olahraga Trial-E masuk Olimpiade?

Tentu jika FIM bisa meyakinkan International Olympic Committee, kalau Trial-E layak sebagai cabang olahraga ke Olimpiade Musim Panas 2024, yang akan diadakan di Paris, Prancis. Jika berhasil, Trial-E akan menjadi motorsport Olimpiade pertama yang diakui secara resmi.

FIM sudah memiliki Trial-E Cup sendiri sebagai bagian dari Trial World Championship-nya. Event pertama itu digelar pada tahun 2017, jadi sudah ada atlet yang terbiasa dengan motor listrik dan siap untuk tantangan Olimpiade.

Untuk itu, Wakil Presiden FIM dan Presiden Federasi Sepeda Motor Perancis Jacques Bolle, bersama dengan Wakil Presiden Kehormatan FIM /Wakil Presiden Komite Olimpiade Nasional Prancis, Jean-Pierre Mougin dan juara dunia Trial 3 kali yang kini FIM Trial Commission,Thierry Michaud baru-baru ini bertemu dengan Panitia Penyelenggara Olimpiade Paris untuk membicarakan agar Trial-E masuk dalam Olimpiade 2024 itu.

Olahraga baru ditambahkan ke Olimpiade setiap tahun. Pada tahun 2020, Olimpiade Tokyo akan menjadi yang pertama kalinya kita melihat bisbol dan softball, selancar, panjat olahraga, karate, dan bahkan skateboard, semuanya resmi dimasukkan sebagai olahraga Olimpiade. Kebijakan saat ini untuk pencantuman olahraga, menurut IOC, adalah bahwa hal itu adalah: berfokus pada remaja, dapat diakses secara sama untuk pria dan wanita, berkelanjutan, spektakuler, dipraktikkan di semua benua dan tidak memerlukan infrastruktur baru. Sulit untuk membantah bahwa uji coba mengendarai gagal pada salah satu metrik ini. Olahraga lain, tentu saja, akan bersaing untuk dimasukkan, jadi tim Percobaan Olimpiade bukanlah hal yang pasti.

Jorge Viegas, presiden FIM, mengatakan “Kami yakin bahwa Olimpiade di Paris pada tahun 2024 mewakili peluang yang unik dan bersejarah untuk memungkinkan Trial-E menjadi disiplin olahraga motor pertama yang menjadi bagian dari Olimpiade. Gelaran perdana ini akan menjadi dasar untuk hubungan yang kuat yang akan membawa FIM, IOC dan semua keluarga Olimpiade lebih dekat bersama selama bertahun-tahun yang akan datang. ” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*