Catatan Pembalap Italia Menguasai MotoGP

0
162
Podium-MotoGP-Silverstone-2015-Italian-Riders
Valentino Rossi, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso menguasai podium MotoGP Silverstone 2015, menambah daftar catatan prestasi pembalap Italia di ajang MotoGP. Foto: f1 park

Silverstone (naikmotor) – Perhelatan MotoGP di Silverstone 2015 membuat balapan mempertontonkan kejayaan pembalap Italia tahun ini ketika Valentino Rossi, Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso dan menapak podium.

Valentino Rossi misalnya membukukan kemenangan keempat di Silverstone untuk musim balap tahun ini. Sekaligus membukukan puncak kemenangan pembalap Italia sejak 2009, ketika itu Rossi mencatat 6 kali naik podium teratas dan Andrea Dovizioso pernah menjuarai satu balapan MotoGP.

Balapan di Silverstone merupakan kali kedua yang menghasilkan all-Italian podium. Kejadian lainnya saat balapan di Qatar di awal musim, yang merupakan all-Italian podium pertama, sejak di Motegi 2006.

Empat pembalap Italia yang berbeda pernah tampil di podium teratas di MotoGP tahun ini, jumlah pemenang Italia terbanyak dalam satu musim sejak 2005, ketika Valentino Rossi, Marco Melandri, Loris Capirossi dan Max Biaggi menduduki podium teratas.

Dengan jumlah total 20 naik podium di 2015 dalam 6 balapan, menjadikan tahun ini merupakan tahun paling sukses bagi para pembalap Italia dalam MotoGP sejak 2006, ketika itu 25 pembalP Italia 25 kali naik podium selama musim balap. Yakni, Rossi 10kali, Capirossi 8, dan Melandri 7.

Menurut motogp.com, tahun ini pula Valentino Rossi, Andrea Dovizioso and Andrea Iannone masing-masing pernah mengawali balap dari pole position terdepan. Terakhir kali tiga pembalap Italia yang mengawali balapan dari pole position terdepan dalam satu musim balapan pada 2003, dengan pembalapnya Valentino Rossi, Loris Capirossi and Max Biaggi. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*