Sama-Sama Cedera, Para Samurai Lanjutkan Pertarungan di MotoGP Motegi

0
Pertarungan-Samurai-MotoGP-2015
Perang Samurai yang tak pernah menyerah kendati lawan-lawan mereka punya keunggulan masing-masing tersaji di MotoGP Motegi 2015 untuk para petarung balap Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez hingga Dani Pedrosa. Foto: Yamaha

Motegi (naikmotor) – Mungkin kebanyakan dari Anda semua sudah tahu arti seorang Samurai. Yaitu pasukan elit khusus yang juga disebut Bushi untuk melindungi klan dan melakukan layanan kepada pemerintahannya. Karakter seorang Samurai adalah karakter seorang pejuang yang takkan pernah menyerah kepada lawannya hingga titik darah penghabisan.

Gambaran inilah yang terlihat pada para petarung balap di MotoGP. Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez hingga Dani Pedrosa, bisa diibaratkan petarung atau Samurai yang tak pernah menyerah, kendati lawan-lawan mereka punya keunggulan masing-masing.

Lalu Samurai manakah yang bakal meraih kemenangan atas yang lain di MotoGP Jepang kali ini? tentunya perlu sedikit analisis peta kekuatan untuk memberikan gambaran seperti apa kompetitifitas performa keempatnya.

Berbicara tentang kekuatan motor, lagi-lagi berbicara tentang karakter layout yang ditawarkan sirkuit Motegi. Sirkuit dengan dua zona tersebut, punya karakter tikungan lambat dan perubahan arah yang cukup cepat. Honda diprediksi masih bakal memegang kekuatan di zona akselerasi usai tikungan lambat dan juga stabilitas di zona pengereman.

Tapi jika menilik prestasi Yamaha dua musim terakhir di sirkuit ini, Jorge Lorenzo punya kekuatan tersendiri untuk meraih kemenangan. Lantaran di musimm kompetisi 2013-2014 Ia unggul telak atas lawan-lawannya. Apalagi, karakter motor Yamaha memang terkenal cukup lincah pada zona chicane.

Namun cedera tulang selangka yang dialami oleh Lorenzo saat melakukan latihan menggunakan Minimoto di Spanyol, diprediksi bakal sedikit mengganggu performanya. Meski Ia sendiri menegaskan bahwa cedera itu takkan berpengaruh besar.

Lalu bagaimana dengan kesempatan Rossi memanfaatkan momentum ini? hmm, belum tentu juga. Lantaran terakhir kali Ia merengkuh kemenangan di sana pada tahun 2008 lalu. Tentu butuh setup yang benar-benar tepat untuk membalik fakta bahwa Ia tak begitu kompetitif di karakter sirkuit stop and go seperti ini.

Tak berbeda dengan kondisi Rossi dan Lorenzo, Marquez pun bakal membawa kondisi cedera ke MotoGP Jepang. Satu-satunya pembalap yang berkesempatan untuk memanfaatkan momentum ini adalah Pedrosa. Mengingat kondisi vitalitasnya cukup baik saat ini, dan Ia juga pernah memenangi balapan di tahun 2012.

Ancaman lain juga datang dari duo pembalap tim Ducati. Keduanya sering tampil kompetitif pada single run atau sesi kualifikasi. Meski belum pernah mereguk kemenangan, namun potensinya untuk mengganggu para pembalap papan atas cukup besar. Apalagi Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone menegaskan bahwa zona pengereman bakal kekuatan mereka di MotoGP Jepang akhir pekan nanti. Jadi bakal menarik menantikan pertarungan para Samurai ini di Motegi. (Spy/NM)

 

LEAVE A REPLY