Yamaha YZF-R1S, Entry Level Superbike R1 Dihadirkan

0
yamaha-2016-yzf-r1s-8
Yamaha meperkenalkan YZF-R1S, superbike entry level R1 yang lebih diperuntukan untuk jalanan. Foto: Yamaha

Amerika (naikmotor) – Varian ketiga Yamaha YZF-R1 akhirnya diungkap, sebagai Yamaha YZF-R1S 2016. Model dikabarkan sebagai basis bagi R1, sehingga tanpa opsi yang membuat harganya lebih ekonomis.

R1 diklaim Yamaha sebagai superbike untuk berlaga ditrek, kiprah di jalan raya itu urutan berikutnya. Nah, Yamaha R1S sendiri ternyata telah dikurangi fitur-fitur eksotiknya, sehingga akan lebih mengutamakan kiprah di jalan raya, meski bisa saja beberapa komponen track-orientednya ditambahkan, agar DNA R1 utuh.

Jadi jangan harap komponen magnesium seperti oil pan, engine covers, dan pelek seperti pada R1 ada pada R1S. Demikian juga komponen titanium pada connecting rodd dan header kenalpot alhasil R1S lebih berat 4kg. Mesin 4silinder nya pun dipangkas keluarannya.

Pemangkasan pun berlanjut pada penggunaan ban jalan raya Bridgestone S20 daripada Bridgestone Battlax RS10 untuk trek. Sehingga perbedaan harganya bisa mencapai USD 1.500 atau Rp 21 juta dengan R1.

R1S akan mulai dipasarkan Pebruari 2016, dengan dua warna pilihan, matte dan warna khusus “intensity white/raven/rapid red”.(Afid/nm)

yamaha-2016-yzf-r1s-3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here