Galeri Foto IEMS 2019, Pameran Khusus Kendaraan Bermotor Listrik

0
Galeri Foto IEMS 2019
Galeri Foto IEMS 2019 Pameran Khusus Kendaraan Bermotor Listrik Foto : Wawa

NaikMotor – Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, ajang pameran khusus kendaraan bermotor listrik pertama di Indonesia, (4-5-7/9/2019). IEMS 2019 digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Majalah Transportasi Indonesia dengan tajuk Electric Vehicle for Smart Transportation. Untuk lebih detailnya bisa lihat pada galeri foto IEMS 2019 pameran khusus kendaraan bermotor listrik.

Ajang pameran dan seminar ini berlangsungi Balai Kartini Jakarta pada Rabu, 4 September 2019 dan digelar di dua lokasi berbeda, yaitu di Kartika Expo Balai Kartini Jakarta, pada 4-5 September 2019 dan di Kantor BPPT Serpong pada 7 September 2019. IEMS 2019  dibuka oleh Kepala BPPT, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan, dan Kepala Staf Kepresidenan.

Acara ini merupakan upaya atau inisiatif untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh disruptive technologI terbaru.

“Acara ini mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat. Respon positif dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini,” jelas Kepala BPPT Hammam Riza.

sepeda bermotor listrik modifikasi
Ada 5  sepeda bermotor listrik dari hasil modifikasi di IEMS 2019 Foto : Wawa

Event seputar kendaraan listrik ini didukung Kementeriaan Koordinator Kemaritiman, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, dan Kementerian Perhubungan, PLN (Persero,) dan Pertamina (Persero), serta berkolaborasi dengan Majalah Transportasi Indonesia. IEMS 2019  menampilkan berbagai kendaraan listrik maupun hybrid, beragam komponen pendukung, baterai, charging station, hingga test drive kendaraan listrik.

Ada pula seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

Beralih dari Balai Kartini Jakarta, pada 7 September 2019 akan dimulai dengan konvoi bersama menggunakan berbagai jenis kendaraan listrik dari Kantor BPPT Thamrin Jakarta menuju Kantor BPPT Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Peserta konvoi akan diajak untuk menyaksikan teknologi fast charging station, Battery Testing Lab, hingga test drive kendaraan listrik.

Acara ini juga sekaligus menjadi garis finis dari perjalanan Tim Jambore Rally Mobil Listrik ITS Surabaya – Jakarta. Jambore tersebut merupakan rally kendaraan listrik melewati Jalur Selatan sejauh 800 km dari Surabaya menuju Jakarta yang dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu.

Sejumlah 45 exhibitor akan hadir di event yang diikuti kementerian, BUMN, akademisi, stake holder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama, yang berasal dari Jepang, China, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia hadir untuk memamerkan teknologi dan produk kendaraan listrik.

BPPT menggelar acara ini seiring dengan fungsi dan peran BPPT, sebagai lembaga pemerintah untuk melakukan pemantauan, pembinaan, dan pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah juga swasta di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi, pengembangan kapasitas, serta membina alih teknologi. Berikut beberapa motor listrik yang dipamerkan dan terekam dalam galeri foto IEMS 2019 (Wawa/Prob/NM)

LEAVE A REPLY