Mengenal Teknologi Side View Assist BMW Maxi Scooter

0
Side-View-Assist-BMW-Maxi-Scooter
Side view assist pada BMW maxi scooter C650GT dan C650 Sport merupakan sebuah sistem pemantau area blind spot dan mencegah pengendara melakukan perpindahan lajur ketika ada kendaraan lain. Foto: BMW

Jakarta (naikmotor) – BMW Motorrad C650GT dan C650 Sport model 2016 menjadi scooter maxi pertama di dunia yang dilengkapi fitur Side View Assist. Sebuah sistem pemantau area blind spot dan mencegah pengendara melakukan perpindahan lajur ketika ada kendaraan lain.

Fitur merupakan bagian dari kampanye Safety 360 BMW. Sistem menggunakan empat sensor yang diletakkan pada sudut skuter yang akan memonitor sejauh 5meter. Area pantauan termasuk blind spot yang tak tercover spion.

Setiap pengendara menyalakan sein seperti saat berpindah lajur, sistem akan memperingatkan jija ternyata ada kendaraan lain yang sedang bergerak pada jarak pantauan. Side View Assist mulai aktif ketika C650GT bergerak pada kecepatan 25-80km/jam dan mendeteksi kendaraan lain yang lebih cepat di atas 10km/jam. Maka sistem akan memperingatkan pengendara dengan menyalakan lampu peringatan kuning pada spion di sisi pantauan.

Sistem sebenarnya dirancang untuk lingkungan kota, dengan kecepatan lalu lintas yang sesuai dengan operasi sistem.

Side View Assist sepertinya membuat pengendaraan lebih aman di kesibukan lalu lintas kota. Tetapi dengan mengawasi sekitar saat akan berpindah lajur akan lebih aman lagi, sebab suatu kejadian bisa terjadi satu dalam seribu, meski kita mesti mengeluarkan uang lebih untuk suatu sistem yang lebih aman. (Afid/nm)

Side-View-Assist-BMW-Maxi-Scooter_1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here