Honda Patenkan Suspensi dengan Kecerdasan Buatan, Buat Model Adventure

0
Suspensi AI Honda
Sketsa suspensi dengan kecerdasan buatan engah diajukan patennya oleh Honda. Foto: honda

NaikMotor – Suspensi pintar dengan kecerdasan buatan (AI) tengah dikembangkan pabrikan berlogo sayap. Bahkan, suspensi AI Honda itu tengah diajukan patennya.

Honda tengah mengembangkan suspensi sepeda motor yang bisa memprediksi permukaan yang bakal dilaluinya. Prosesnya secara pasif dan adaptif dalam merespon jarak dan seringnya permukaan yang dilalui maupun area di hadapannya. Sistem kemudian akan menyesuaikan peredamannya.

Suspensi AI Honda memanfaatkan masukan dari akselerometer yang ditempakan di roda depan. Sensor menghitung seberapa besar sumbu vertikal sebanyak ribuan kali dalam sedetik. Masukan berupa osilasi roda depan itu dan besarannya sebagai rentang penanda, dan kemudian dihitung untuk memprediksi ketidakrataan permukaan berikutnya.

Hasil prediksi tu akan dikombinasikan dengan suspensi aktif. Sehingga sepeda motor dengan cerdasnya secara otomatis mengatur peredaman. Sehingga pengendaraan akan tetap nyaman meski melalui permukaan tidak rata.

Jika memperhatikan dokumen patennya, tampak model adventure CRF450L sebagai ilustrasinya. Meski demikian, ada anggapan kalau suspensi cerdas itu akan diterapkan pada model adventure. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here