Juara 10th Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2019 Dapat Beasiswa

0
Juara AHSC 2019
Juara AHSC 2019 mendapatkan apreasiasi berupa beasiswa. Foto: istimewa

NaikMotor – Mewujudkan SDM unggul PT Astra Honda Motor (AHM) menguji keterampilan siswa serta para guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaan melalui gelaran kompetisi 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019. Berikut para Juara AHSC 2019 tersebut.

AHSC ke-10 digelar 14-17 Oktober 2019 yang diikuti 40 siswa terbaik dari 23.371 siswa dan 27 guru terbaik dari 422 guru dari berbagai wilayah di Tanah Air. Sebelum berkompetisi di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh AHM, para peserta ini telah mengikuti berbagai tahap seleksi terlebih dahulu di tingkat sekolah dan tingkat regional seluruh Indonesia yang telah dimulai sejak bulan Januari-Agustus 2019. Pada tahap seleksi di tingkat regional, AHM bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda dari 34 provinsi di Indonesia untuk mencari siswa serta guru terbaik dari 686 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Tahap seleksi di tingkat sekolah dan main dealer terdiri dari ujian tertulis, praktek, dan troubleshooting untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menganalisa serta menyelesaikan permasalahan pada sepeda motor Honda.

Tahap penilaian pada kontes ini terdiri dari tahap pengujian secara tertulis dan praktek. Pada ujian tertulis, peserta diuji pengetahuan para siswa dan guru terkait teknologi teranyar sepeda motor Honda. Selain itu, para peserta juga diuji secara praktek untuk keterampilan dalam menganalisa teknik permasalahan terkait mesin, rangka, kelistrikan, serta trouble shooting sepeda motor Honda. Khusus untuk kompetisi yang diikuti oleh guru, ada materi uji kompetensi pedagogik yang menjadi salah satu materi penilaian saat kompetisi.

Juara AHSC 2019

Juara AHSC 2019 dipilih 3 jawara terbaik dari kategori siswa berhak mendapat apresiasi dari AHM yaitu beasiswa pendidikan. Siswa terbaik pertama, akan mendapatkan Beasiswa Prestasi Astra untuk kuliah di Politeknik Manufaktur Astra dengan fasilitas bebas uang kuliah dan tambahan subsidi biaya hidup selama 3 tahun serta beasiswa pendidikan senilai Rp. 8.000.000. Siswa terbaik kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan beasiswa pendidikan senilai Rp. 5.000.000 dan Rp. 3.000.000. Para finlis juga mendapatkan bea siswa masing-masing senilai Rp 1 juta.

Sementara itu, untuk kategori guru, peserta terbaik pertama AHM menyiapkan apresiasi hadiah uang tunai senilai Rp. 8.000.000. Guru terbaik kedua dan ketiga akan mendapatkan apresiasi masing-masing senilai Rp. 5.000.000, dan Rp. 3.000.000.

Untuk SMK yang berhasil mengantarkan siswanya meraih prestasi terbaik pada kompetisi ini, AHM juga menyiapkan hadiah khusus untuk melengkapi materi ajar di sekolah para pemenang, yaitu Honda PCX CBS untuk juara 1, Honda CB150R untuk juara 2, serta Honda Vario150 untuk juara 3.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, “Kompetisi ini merupakan salah satu upaya pendekatan komprehensif kami dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di industri roda dua. Kami sudah mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda di SMK mitra binaan dan kompetisi ini kami harapkan bisa menjadi sarana mengalibrasi penguasaan para guru dan siswa SMK terhadap materi yang kami sampaikan. Harapan kami dengan program ini akan lahir SDM unggul yang berdaya saing, baik untuk bekerja di industri atau menjadi wirausaha mandiri.”

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Asrorun Ni’am Sholeh, “Semangat kepemudaan yang identik dengan daya juang untuk menjadi yang terbaik terlihat jelas dalam kompetisi ini. Selain sebagai ajang pembuktian kemampuan teknikal, di sini peserta juga berkesempatan untuk memperluas jaringan serta belajar mengenai tradisi dan budaya baru dari peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dari skill yang mapan maka akan muncul kreativitas, bila ditambah keberanian akan menjelma menjadi inovasi. Inilah hakikat kewirausahaan yang diyakini akan muncul dari individu-individu terbaik dalam kompetisi ini.” (Rls/NM)

Juara AHSC 2019

LEAVE A REPLY