Hasil Tes Valencia: Pembalap Masih Sulit Cari Konsistensi Tiap Lap

0
43
Marquez-Day-2-Tes-Valencia
Para pembalap masih kesulitan mencari konsistensi waktu tercepat tiap lapnya di tes Valencia. Foto: Repsol Honda

Valencia (naikmotor) – Hari kedua sesi tes pasca MotoGP 2015 di Valencia, masih jadi momok bagi semua pembalap. Lantaran mereka belum bisa tampil konsisten mencetak lap tercepat. Kemudian antara lap yang mereka sudah jalani dan lap yang akan dijalani terasa tak ada sinkronisasi.

Tentunya ini sangat wajar terjadi. Selain karena mayoritas pembalap sudah menggunakan mesin yang mengalami perubahan, juga karena adanya perbedaan sistem perangkat lunak yang mereka gunakan. Belum lagi perubahan pemasok eksklusif ban yang digunakan tahun ini menjadi ban Michelin.

“Sulit rasanya untuk mengklaim ini masalahnya di mana. Tapi yang jelas tidak ada konsistensi lap antara satu dengan yang lainnya. Perangkat lunak yang baru, kemudian mesin yang juga baru ditambah lagi ban baru, semuanya jadi kompleks. Sekarang kami sedang fokus pada karakter ECU lebih dulu dan juga ban. Kalau ini sudah terlihat, maka kami akan mulai intens melakukan pengetesan pada performa mesin,” ujar Dani Pedrosa.

Masih sama seperti hari pertama sesi tes, hari kedua juga diwarnai beberapa insiden. Namun seiring dengan meningkatnya adaptasi pembalap pada karakter kompon ban Michelin, beberapa insiden sempat bisa dihindari. Menurut beberapa pembalap, gaya balap adalah hal pertama yang harus mereka perhatikan.

“Pastinya ada adaptasi dari sisi geometri motor, Di mana pergerakan tubuh dan gaya balap akan sangat berpengaruh pada grip ban depan. Jika ban depan tak mendapat cukup grip, maka tak mungkin memaksakan membuat tuas gas seperti yang biasa kami lakukan saat menggunakan ban Bridgestone,” cerita Maverick Vinales.

Di sesi latihan kedua yang berlangsung pada Rabu (11/11/2015) kemarin, Marc Marquez masih menguasai catatan waktu tercepat. Ia mengamankan 1:31.060 kemudian disusul oleh VInales dan Pedrosa dengan selisih tipis. Sang juara dunia MotoGP 2015 yaitu Jorge Lorenzo, menjadi pembalap tercepat kelima setelah Aleix Espargaro. Sementara Valentino Rossi mengamankan urutan ketujuh di belakang Cal Crutchlow. (Spy/NM)

Hasil tes resmi hari kedua MotoGP Valencia:
1. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 1:31.060
2. Maverick Vinales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.103
3. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.120
4. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.152
5. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.222
6. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) +0.434
7. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.438
8. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.559
9. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.559
10. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.634

LEAVE A REPLY

*