Wabah Covid-19: MotoGP dan WorldSBK 2020 Bergeser Jadwal Gelarannya

0
MotoGP 2024 Argentina Dibatalkan
MotoGP 2024 Argentina dibatalkan. Foto:dorna motogp

NaikMotor – Meluasnya wabah Covid-19, membuat banyak negara membatasi pergerakan warga dan pendatang. Sehingga berimbas pada motorsport, maka MotoGP dan WorldSBK 2020 bergeser jadwalnya.

FIM dan Dorna pun menetapkan kalender MotoGP dan WorldSBK 2020 bergeser. Perubahan-perubahan jadwal perhelatan balap dunia hanya berlangsung dalam 2 hari terakhir.

Seperti terjadi pada seri MotoGP 2020 Argentina pun akhirnya digeser bersama seri Perancis. Demikian dengan 2 seri WorldSBK 2020, seri Perancis dan Catalunya pun bergeser.

Perubahan terjadi ketika perjalanan internasional terganggu secara umum karena kekhawatiran akan virus corona. Pembalap dan tim Italia sangat terpengaruh, karena negara itu pada dasarnya ditutup, dan penerbangan yang berasal dari sana dikenai segala macam pembatasan. Logistik untuk memindahkan semua sepeda motor, peralatan, dan personel juga diperumit oleh kenyataan bahwa segala macam perutean ulang diperlukan, karena motor tidak berada di tempat yang seharusnya, dan oleh karena itu seluruh rantai harus dibangun kembali.

Jadi, putaran MotoGP Argentina kini telah ditetapkan digelar 20-22 November, dan putaran Valencia sekarang pada 27-29 November 2020. Pada titik ini, balapan kelas MotoGP pembukaan akan 3 Mei 2020 di Jerez, meski itupun tidak ada jaminan apa pun pada saat ini.

MotoGP juga harus menjadwalkan ulang tes akhir musimnya, tetapi mungkin tidak terburu-buru untuk melakukannya, karena ada kemungkinan untuk perubahan lagi.

Di Kejuaraan Superbike Dunia, meski bisa dibuka dengan sukses di Australia, namun putaran berikutnya (Qatar, yang seharusnya terjadi akhir pekan ini) ditunda. Sekarang, dua balapan berikutnya, balapan Prancis dan Spanyol pertama, telah ditunda juga. Seri Catalunya kini dijadwalkan 23-25 ​​Oktober, yang seharusnya 27-29 Maret. Ini juga berarti Magny-Cours akhirnya bergeser, dari 25-27 September ke 2-4 Oktober.

Sementara balapan ketahanan Dunia juga berubah, babak Le Mans untuk FIM Endurance World Championship (EWC) berheser dari bulan April hingga September. The 24 Heurs Motos seharusnya berjalan 18-19 April, dan sekarang dijadwalkan untuk 5-6 September 2020. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here