Cara Mudah Membersihkan Mika Speedometer Buram dan Retak-retak

0
11361
Membersihkan Mika Speedometer
Contoh speedometer sebelum dan sesudah dibersihkan. Foto: Istimewa

NaikMotor – Sering kali mika speedometer menjadi buram bahkan terlihat seperti retak-retak. Hal tersebut biasanya disebabkan karena seringnya terpapar sinar matahari atau karena memang usia. Berikut tips membersihkan mika speedometer secara sederhana.

Seiring berjalannya waktu karena usia pemakaian, mika speedometer motor bisa berubah menjadi buram dan bahkan retak. Penyebabnya pun beragam, bisa karena masa pemakaian, sering terkana sinar matahari, hingga terkena goresan benda tumpul.

Jika sobat NaikMotor mengalami permasalahan ini dan bahkan sampai sulit membaca speedometer, bisa temukan solusinya berupa tips membersihkan speedometer pada ulasan berikut.

  1. Membersihkan mika speedometer yang buram.

Mika speedometer motor yang buram bisa diatasi dengan memanfaatkan alat dan bahan sederhana. Adapun alat dan bahan tersebut yaitu oli mesin baru dan lap bersih atau tisu.

Setelah alat dan bahan disiapkan, oleskan oli mesin ke mika penutup speedometer. Pastikan Anda mengoleskannya secara merata. Kemudian biarkan sampai 60 menit. Setelah itu, bersihkan dengan lap yang bersih. Jika tak ada, anda juga bisa gunakan tisu saja.

Agar hasilnya maksimal, sobat NaikMotor bisa mengulangi cara ini setiap 3 kali seminggu. Dijamin speedometer motor yang semula buram bisa kembali kinclong.

Oh ya, untuk lebih memaksimalkan hasilnya, setelah selesai membersihkan dengan oli baru sampai dilap dengan bersih, oleskan mika speedometer dengan pasta gigi secara merata dan diamkan selama 30 menit supaya hasilnya lebih kinclong layaknya baru.

  1. Cara membersihkan mika speedometer yang retak-retak

Selain buram, mika speedometer motor juga bisa retak. Jika sudah terjadi, hal ini tak hanya mengganggu pandangan saja, akan tetapi juga merusak penampilan.

Adapun cara membersihkan mika speedometer motor yang retak  dengan memanfaatkan oli, berbeda dengan cara di atas yang menggunakan oli mesin baru, kali ini kita bisa pakai oli bekas.

Langkah pertama oleskan beberapa tetes oli bekas menggunakan jari di mika speedometer, usap secara perlahan dan berulang dan merata. Kemudian diamkan selama 2 sampai 3 jam.

Setelah didiamkan selama 2 sampai 3 jam, langkah berikutnya adalah bersihkan oli bekas yang menempel di permukaan speedometer dengan lap bersih dan kering. Pastikan kain lap bersih serta merata saat proses pengelapan agar hasil maksimal dan retak-retak menjadi hilang.

“Membersihkan bagian mika speedometer tidak perlu repot dan jauh-jauh, hal tersebut bisa dilakukan sendiri di rumah serta dengan peralatan dan bahan pembersih yang mudah didapat,” terang Pakdhe selaku pemilik bengkel yang berlokasi di bilangan Kebayoran Lama. (Daus/Contrib/NM).

LEAVE A REPLY

*