Pandemi Belum Membaik, Suzuki Perpanjang Penghentian Aktivitas Pabrik

0
suzuki pabrik
Suzuki GSX-R150 dirakit Tambun Plant1. Foto: istimewa

NaikMotor – Sebelumnya, Suzuki telah menghentikan kegiatan produksi di pabrik selama 2 minggu, namun karena situasi belum memungkinkan, Suzuki Indonesia pun memperpanjang kebijakannya tersebut. 

Suzuki Indonesia secara resmi menghentikan kegiatan produksi di pabrik untuk sementara selama 2 minggu dari 13-24 April 2020, namun karena pandemi masih terjadi dan situasi belum memungkinkan, kebijakan tersebut diperpanjang 2 minggu lagi mulai dari 27 April hingga 8 Mei 2020. Keputusan diambil berdasarkan pertimbangan keselamatan karyawan dan perkembangan regulasi terkini mengenai pandemi virus korona.

“Ini adalah langkah terbaik yang harus kami ambil demi kesehatan dan keselamatan semua pihak. Di samping itu, kebijakan ini adalah komitmen kami dalam mendukung pemerintah yang menambah periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Oleh karenanya, kami akan memperpanjang penghentian sementara produksi di pabrik-pabrik Suzuki,” ujar President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, Seiji Itayama.

Meski begitu, untuk memenuhi permintaan pasa ekspor, bagian power train di pabrik Cakung dan Cikarang serta bagian motorcycle assembly di pabrik tambun I tetap beroperasi hanya selama 4 hari, yaitu dari 27-30 April 2020. Seluruh kegiatan operasional dipantau ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai penerapan physical distancing. Hal ini sebagai upaya Suzuki mencegah penyebaran virus korona namun tetap dapat berkontribusi dalam menjaga perekonomian Indonesia.

Selama perpanjangan periode penghentian sementara, Suzuki tetap akan memberikan upah dasar secara penuh kepada karyawan yang sementara tidak bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Di samping memprioritaskan keselamatan karyawannya, Suzuki juga tetap fokus pada kualitas layanan pelanggan. “Kami ingin pelanggan Suzuki tetap merasa aman dan tenang di saat seperti ini. Untuk itu, kami tetap optimal memberikan layanan melalui Halo Suzuki agar pelanggan tetap bisa mendapatkan bantuan darurat,” jelas Itayama.

Untuk mengakses layanan Halo Suzuki, pelanggan bisa menghubungi nomor 0800-1100-800 dan meminta bantuan seperti Home Service, Pick Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA). Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan digital seperti website www.suzuki.co.id dan aplikasi My Suzuki untuk keperluan belanja online suku cadang kendaraan, serta website Auto Value www.autovalue.co.id untuk mencari mobil bekas berkualitas atau tukar tambah mobil Suzuki secara online. Tentunya semua layanan tersebut telah memenuhi standar langkah pencegahan Covid-19. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY