5 Cara Bikin Motor Panjang Umur dan Kondisinya Tetap Prima

0
pandemi honda
Ilustrasi perawatan motor di rumah. Foto: Wahana

NaikMotor – FIF membagikan beberapa tips untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap baik. Berikut 5 cara agar motor panjang umur alias awet dan meminimalisir pengeluaran ini-itu karena motor rewel.

Sepeda motor harus dirawat dan dijaga kondisinya agar tetap berfungsi dengan baik. Agar motor yang terdiri dari komponen-komponen yang umurnya terbatas ini bisa terus bekerja dengan maksimal, pastikan rutin untuk mengecek dan merawat motor kesayangan agar bebas rewel dan meminimalisir pengeluaran jika sudah terlanjur rusak berat.

FIF Astra pun membagikan 5 cara agar motor dalam kondisi prima dan membuatnya panjang umur, langkah-langkahnya adalah:

  1. Panaskan motor sebelum dipakai
    Ritual memanaskan mesin motor sebelum dipakai di pagi hari ini bertujuan untuk membuat motor jadi lebih awet. Tidak perlu waktu lama, kok. Pemanasan mesin motor cukup dilakukan selama 3-5 menit sebelum mulai berkendara.
    Caranya yaitu dengan menyalakan motor menggunakan kick starter, lalu diamkan gas dalam kondisi langsam. Tujuannya adalah memberi waktu pelumas dalam mesin mencapai kondisi ideal sebelum motor digeber di jalan raya.

    motor panjang umur
    Foto: fif
  2. Rutin mengganti oli mesin
    Oli atau pelumas ini memiliki peran besar dalam menunjang kerja mesin motor. Oli berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, hingga melindungi komponen di dalam mesin yang pada saling bergesekkan.
    Oli perlu diganti karena kualitasnya akan menurun seiring penggunaan dan jumlahnya berkurang karena penguapan atau kebocoran. Oleh karena itu, ganti oli perlu dilakukan secara rutin dengan jarak waktu sesuai anjuran produsen motor.

    motor panjang umur
    Foto: twelfthroundauto
  3. Berkendara dengan baik
    Wah, maksudnya gimana, nih? Maksud poin ini ternyata adalah untuk menggunakan motor sebagaimana mestinya dan sesuai peraturan lalu lintas. Berkendara dengan ugal-ugalan bisa memaksa mesin bekerja lebih keras dari batas normal. Selain itu, gaya berkendara yang tidak bertanggung jawab juga bisa memicu kecelakaan yang berujung pada pengeluaran ekstra untuk memperbaiki motor.
  4. Rajin cuci motor
    Selain mesin yang harus dirawat agar tetap asik ditunggangi, penampilan motor juga harus dijaga. Cara agar body motor awet dan mengkilap adalah rutin dicuci. Jangan lupa untuk gunakan sampo/sabun khusus motor.
    Saat mencuci motor juga bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi kondisi beberapa bagian motor, seperti ban, suspensi dan rantai agar bisa diketahui lebih dini jika ada kerusakan.

    Foto: fif
  5. Gunakan onderdil berkualitas
    Terkadang, kondisi kantong memaksa pemilik motor memilih untuk menggunakan onderdil berkualitas rendah, namun sudah menjadi rahasia umum jika onderdil tersebut tidak memiliki usia pakai yang lama alias cepat rusak. Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan dana ekstra demi onderdil berkualitas baik karena akan lebih awet.

    Foto: fif

Dengan rajin merawat motor, banyak keuntungan yang bisa didapat, salah satunya seperti harga jual kembali yang terjaga. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here