Biar Nyaman Berkendara, Perhatikan Kualitas Jok Motor

0
kualitas jok
Jok two tone warna coklat hitam dengan pola jahitan horisontal. Lebih tinggi 1 cm dari jok tipe sebelumnya.

NaikMotor – Jok merupakan komponen penting sepeda motor, apalagi jika motor digunakan untuk harian. Tentu dibutuhkan kualitas jok yang nyaman agar badan tidak cepat letih.

Jok merupakan faktor penting yang menjadi penunjang kenyamanan dalam berkendara, terutama jika dipakai untuk harian yang seringkali melintasi macetnya jalan perkotaan, tentunya sangat tidak nyaman dan membuat pegal badan. Lalu bagaimana memilih atau mereparasi jok standar bawaan pabrik motor agar lebih nyaman dipakai harian?

Pengrajin jok motor di kawasan Cirendeu, Agus mengatakan bahwa, faktor kenyamanan jok dilihat dari kualitas busa, pilih busa yang teksturnya lembut, tentunya akan mengurangi rasa pegal saat dipakai jarak jauh. kemudian ganti busa yang lebih tebal dan empuk apabila jok standar motor mulai keras dan tidak nyaman.

Pilih pelapis jok yang berbahan lentur dan tekstur tidak licin. Foto: Istimewa

“Jika ingin memperhatikan aspek kenyamanan dan estetika masih tetap sedap dipandang, papas jok membentuk lekukan namun jangan terlalu tipis. Tujuannya agar nyaman dan posisi berkendara tidak mudah berubah.”

Agus melanjutkan, untuk jenis kulit yang dipakai juga mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. “Pilihlah bahan dasar pelapis yang lentur, sehingga saat duduk pelapis mengikuti lekuk tubuh yang menempel pada jok. Jangan pilih bahan yang keras dan kaku. Namun untuk tekstur pilih yang tidak licin agar saat berkendara tidak mudah merosot.”

Agus juga mengungkapkan jika banyak juga konsumen yang punya desain sendiri sesuai selera masing-masing, namun ia tetap menyarankan bentuk yang bagus adalah yang menyesuaikan motornya.

Pilih busa jok yang kualitasnya bagus agar nyaman berkendara.

Untuk waktu pengerjaan tergantung kesulitan desain yang diinginkan konsumen. Kalau hanya mengganti busa, papas jok, mengganti pelapis jok, bisa ditunggu. Namun jika ada permintaan desain, bisa membutuhkan waktu satu minggu.

Untuk biaya, untuk pelapis jok ada beberapa bahan sintetis dengan kualitas yang berbeda-beda. Harganya dibanderol mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Sedangkan untuk ganti busa dikisaran Rp 100 sampai Rp 150 ribu, serta papas jok sekitar Rp 30 ribu. Sedangkan untuk desain custom, bisa sampai Rp 300 ribu. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY