Tips Tetap Kering di Musim Hujan dengan Hidrofobik

0
Talas-Kering-Tips-hujan
Dengan bahan hidrofobik, Talas mampu membuat air tetap berbentuk bulir di permukaan sehingga tak akan mampu menembus bahan kain. Foto: Istimewa

Jakarta (naikmotor) – Berkendara di saat musim hujan pastinya harus selalu siap dengan perlengkapan jas hujan termasuk larangan berparkir meneduh di sembarang tempat di kawasan Jakarta.

Namun kini bisa saja membuat jaket kain atau riding gear berbahan kulit anda menjadi tahan cipratan air. Caranya dengan melapisinya dengan bahan hidrofobik. Bahan mampu membuat air tetap berbentuk bulir di permukaan sehingga tak akan mampu menembus bahan kain sekalipun.

Ada banyak bahan pelapis water repellent tersebut yang dijual secara online. Tetapi ada juga produk lokal yang dikemas dalam botol aerosol 115ml dengan merek Talas. “Nama Talas yang kita gunakan memang selaras dengan pepatah bagai air di daun talas,” ungkap Agus Hari Mulyono, Direktur PT Mikha Karya Persada, selaku distributor Talas.

Aplikasi bisa pada sepatu, celana, tas, sarung tangan, jaket, kaca helm dan perlengkapan bermotor lainnya agar tetap waterproof. Fungsi lain membuat perlengkapan yang kita pakai mudah dibersihkan ketika terkena kotoran basah seperti lumpur atau saus.

Cukup dengan menyiramkan air bersih ke area yang kotor, karena sifat hidrofobik bahan pelapis juga membuat kotoran basah tak tembus. Tetapi seperti pepatah tak ada gading yang tak retak, penggunaan hidrofobik juga memiliki keterbatasan. Lapisan bisa tidak berfungsi jika terkena deterjen, minyak dan solvent seperti tinner.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY