Cara Mencuci Sportbike Dengan Benar Biar Tetap Kinclong Luar Dalam

0
375
Honda CBR250RR merilis warna baru. Foto: autoby.jp

NaikMotor – Memiliki motor jenis sport bike memang menjadi idaman mayoritas kaum adam. Namun mencuci sportbike tidak mudah, jika salah penanganannya bisa menyebabkan kerusakan fairing.

Motor jenis sport bike memang mengasyikan namun tidak mudah saat mencucinya, mengingat model sportbike umumnya berfairing, maka ada beberapa bagian yang tidak tersentuh saat proses mencuci. Akibatnya bisa timbul karat pada bagian tersebut.

Anjar dari Restomax Moto Detailing menjelaskan jika mencuci motor jenis sport bike bagusnya diatur waktu untuk membuka fairingnya setiap 3 bulan sekali.

Mencuci sportbike
Bagian dalam sportbike rentan penumpukan kotoran karena tertutup fairing. Foto: Istimewa

“Untuk cuci bongkar fairing, biasanya tergantung penggunaan dan keseharian serta track dari motor tersebut, dan untuk motor berfairing disarankan (tertama untuk yang cc besar) karena suhu mesin yg sangat panas tinggi, jika disertai penggunaan yg sering, disarankan 3 bulan sekali di cuci bongkar, dikarenakan sangat berpotensi cepat terkena oksidasi dari panas mesin tersebut, baik oksidasi dari ruang mesin yang menguap, atau oksidasi dari cipratan air yang terkena hawa panas.”

Selain itu Anjar juga menjelaskan mengenai penggunaan cairan pembersih harus disesuaikan dengan objeknya.

“Untuk chemical pembersih motor atau sejenisnya, disarankan menggunakan cairan yang sesuai untuk kegunaan. Misalnya untuk area mesin serta kaki-kaki, baiknya gunakan chemical dan alat cuci khusus dan kalau body disarankan shampoo yang khusus body. Dengan catatan semua chemical yang digunakan tidak mengandung acid tinggi serta detergen yang bisa merubah PH air.”

Oh ya, hal terpenting dalam mencuci soprt bike adalah bagaimana cara mencopot fairingnya dengan benar. Karena material fairing yang terbuat dari plasti akan ada kemungkinan pecah jika cara mencopotnya tidak benar.

Jak Japan Matsuri
line up Honda CBR250RR. Foto: Dok. NMC

“Jika pemilik motor tidak bisa membongkar fairing disarankan untuk menggunakan jasa cuci motor yang sudah terpercaya dalam hal menangani detailing sport bike, karena mereka notabennya sudah professional dalam hal pengerjaanya.”

Oh iya di Restomax Rawamangun ada promo diskon untuk Ninja 250, yaitu cukup dengan Rp 600 ribu (belum diskon) sudah lepas fairing dan poles full body. Waktu pengerjaan sekitar 8-10 jam, jadi untuk kenyamanan customer disarankan untuk ditinggal (menunggu di rumah). (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*