Buat Pemula yang Mau Belajar OffRoad, Simak Tips Berikut ini 

0
tips offroad
Berffroad bisa dipelajari oleh pemula. Foto: istimewa

NaikMotor – Teruntuk motoris yang ingin belajar menunggangi motor offroad, Wahana Honda membagikan beberapa tips offroad dengan sepeda motor offroad/trail di medan yang ekstrim. 

Menurut Wahana, pengoperasian motor trail atau offroad tidak begitu berbeda dengan motor berperseneling lainnya, hanya saja karena tujuan diciptakannya memang untuk medan yang ekstrim, maka motoris pemula perlu mengetahui dan memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Jangan berkendara sambil berdiri
    Walau terlihat keren jika menunggangi motor off-road sambil berdiri di atas footrest/footstep, bagi pemula offroader, tidak disarankan untuk melakukannya. Kenapa? Karena saat berdiri di atas pijakan kaki, maka berat badan secara otomatis akan tertumpu pada 2 titik terbawah tersebut. Dengan demikian ada kemungkinan pengendara kehilangan keseimbangannya, terlebih lagi bila medan yang dilalui cukup berat. Offroader pemula disarankan untuk tetap duduk saat berkendara dan memposisikan kedua paha mengapit tangki dan kedua ujung kaki diposisikan berlawanan dengan mesin. Selain itu, lengan juga harus lentur dengan kedua siku di posisi menjauhi pinggang. Dengan posisi seperti ini, motoris dapat berkendara dengan nyaman dan aman. Ketika terjadi kecelakaan, maka tubuh tidak akan terbentur setang atau handlebar.
  2. Kuasai akselerasi, kopling, sampai rem dengan seksama
    Dalam berkendara di segala bidang, aspek-aspek tersebut harus dikuasai dengan cermat dan seksama. Hal tersebut penting dilakukan agar terhindar dari kecelakaan atau terpelanting dari motor karena salah akselerasi, salah kopling, atau juga salah dalam pengereman.Jika medan kurang rata, disarankan untuk tetap berkendara dengan kecepatan rendah dan jaga kopling di gigi 2. Selain itu, wajib melakukan pengereman yang lembut agar tidak tersentak dan terpelanting dari kendaraan karena medannya kurang bersahabat.
  3. Seimbangkan akselerasi dan tubuh
    Salah satu cara yang tepat untuk menaklukan medan cukup berat dan menanjak adalah dengan mengambil gigi rendah (1 atau 2), gas juga dengan rendah, serta posisi tubuh yang responsif juga fleksibel. Dengan kata lain, jika tubut bisa menyesuaikan ritme motor, maka anda dapat menguasai motor dengan tepat.Memang ada banyak cara atau strategi sendiri dari setiap off-roader dalam menaklukkan tanjakkan. Namun, sebagai pemula, disarankan untuk menjaga posisi pinggang menjauh dan berada di atas tangki. Atur gas sesuai dengan kebutuhan dan pertahankan kekuatan lengan agar bisa menjaga keseimbangan motor.
  4. Jangan terlalu show-off alias pamer
    Saat masih pemula, Wahana menyarankan untuk tidak terlalu show-off dan bergaya seakan sudah menguasai kendaraan untuk segala medan, walau sudah memiliki jam terbang tinggi dalam mengendarai motor. Saran untuk tidak terlalu unjuk gigi ini juga lebih disarankan saat akan melalui medan berlumpur atau pasir.Dibandingnkan dengan medan terjal, medan berlumpur dan berpasir lebih susah untuk dilalui karena tingkat kesukarannya memang lebih tinggi. Untuk melewati medan ini, anda harus memposisikan tubuh agak sedikit mundur ke belakang, gear atur di posisi terendah dan putar gas dengan kencang. Hal tersebut wajib dilakukan agar roda depan tidak tenggelam di lumpur atau pasir. Minimalisir penggunaan rem karena lumpur atau pasir bisa menarik roda ke dalam dan menjadikannya susah ditarik atau dikendalikan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here