MotoGP 2016: Ducati Kompetitor Terkuat di Semua Lini

0
Ducati-Kuat-MotoGP-2016
Ducati bisa menjadi ancaman kuat di MotoGP 2016 termasuk tim satelitnya. Foto: Ducati

Bologna (naikmotor) – Tahun depan adalah tahun pertama Ducati kembali kedatangan Casey Stoner yang merupakan pembalap dengan titel juara dunia di pundaknya menggunakan motor Ducati. Namun ada hal lain yang sangat menarik, yaitu rencana Ducati yang sudah berlangsung sejak awal MotoGP 2015.

Saat itu mereka memutuskan untuk memasok komponen transmisi tanpa jeda alias seamless transmission bukan hanya untuk pembalap utama mereka. Namun juga untuk tim satelit dan pembalap di kategori Open Class. Hasilnya bisa terlihat, tidak ada pembalap Ducati yang selalu finish di urutan belakang.

Begitu juga untuk persiapan tahun depan. Di sesi tes resmi MotoGP yang berlangsung di Jerez, Spanyol, Ducati mengikutsertakan semua pembalapnya untuk melakukan pengetesan. Artinya, mereka ingin mempercepat proses pengumpulan data. Bukan hanya hanya pada sistem ECU yang baru, namun juga karakter motor, mesin hingga karakter ban Michelin.

“Kami memang sengaja mengajak semua pembalap yang turun dengan Ducati untuk tahun depan agar aktif melakukan pengetesan. Kami tak ingin hanya bekerja dengan pembalap utama saja, karena melakukan riset dan pengembangan software, kami ingin melakukannya agar sesuai dengan karakter semua pembalap yang menggunakan Ducati,” ujar Davide Tardozzi selaku Manager Tim Ducati Corse.

Cukup masuk akal juga penjelasan dari Tardozzi. Apalagi jika berbicara tentang kompetitifitas dan daya tarung pembalap mereka dibandingkan Honda dan Yamaha yang ada sekarang.

“Honda dan Yamaha memang punya pembalap yang cukup kuat sekarang. Mungkin masih akan sulit menyaingi mereka secara tim utama. Tapi dengan kekuatan bersama, rasanya tidak ada yang tak mungkin. Kami yakin di tiap sesi tes, akan ada peningkatan. Apalagi kami tak ingin menutup diri. Scott Redding yang tampil tercepat di tes hari terakhir pun, punya hak untuk memberikan saran dan kami mendengarkan sarannya,” ungkap Tardozzi.

Bukti lain dari keseriusan Ducati, adalah semua pembalap yang menggunakan Ducati di kelas MotoGP, apakah itu di tim utama, tim satelit hingga tim open class, punya kontrak khusus dengan Ducati. Bukan hanya kontrak berdasarkan tim saja. Mantap! (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here