Didukung Pemerintah, Balap Motor 2 Tak Kembali di Isle of Man TT 2016

0
284
Isle-of-Man-TT-2016-2-tak
Mendapat dukungan pemerintah, balapan motor 2 tak kembali akan dihadirkan di balap motor Isle of Man 2016. Foto: Motorcycleonline

Isle of Man (naikmotor) – Dalam jadwal Classic TT Race di sikuit TT Mountain terdapat kelas Lightweight Race, yang melombakan sepeda motor GP 250cc 2 tak.

Padahal telah sepuluh tahun, tepatnya sejak 2004 mesin 250cc 2 tak tidak lagi dilombakan. Sebab kebanyakan pabrikan tengah fokus mengembangkan pasar mesin 4 langkah, bersamaan dengan berkembangnya balapan dunia Superbike, Superstock dan Supersport.

Padahal banyak juga bintang TT saat ini dahulu mulai berjaya dengan 250cc 2 tak. Seperti John McGuinness dan Bruce Anstey yang mencatatkan kemenangan pertama mereka pada 1999 dan 2002. Utamanya, McGuinnes di tahun 1999 mencatatkan rekor lap 118,29 detik di Mountain Course berkat 250cc 2tak.

Lightweight Classic TT Race akan terbuka pada semua sepeda motor GP 250cc dan akan menarik peserta yang dulu di kelas Formula 2 Classic TT Race dan sub kelasnya. Sementara sesuai tradisi, 500cc Classic TT Race dan 350cc Classic TT Race akan berganti nama menjadi Senior dan Junior.

Formula 1 Classic TT juga berganti nama menjadi Superbike Classic Race dan untuk pertama kalinya akan menjadi standalone race. Program balapan akan dimulai 27 Agustus 2016 dengan Senior Classic TT Race kemudian Lightweight Classic TT Race, dan diakhiri Senin 29 Agustus dengan Junior Classic TT Race dan Superbike Classic TT Race.

Classic TT menjadi pelaksanaan yang keempat kalinya sejak diperkenalkan di Isle of Man Festival of Motorcycling pada 2013, event setara dengan Manx Grand Prix, yang jumlah penontonnya semakin bertambah secara signifikan, berkat pemberitaan media, siaran TV gratis di Inggris dan internasional, sponsor baru dan tetap. Dan pembalap khusus Classic Racing yang spektakuler telah setara dengan pembalap road race dunia.

TT and Motorsport Development Manager, Isle of Man Department of Economic Development, Paul Phillips, mengatakan, “Waktunya tepat untuk memperkenalkan balapan sepeda motor GP 250cc 2 tak pada Classic TT. Mereka begitu popular di kalangan penggemarnya sebab suaranya yang unik dan bau asap yang dihasilkannya. Kami yakin, untuk menampilkan line up para pembalap yang berkualitas di lintasan dengan mesin kelas satu pada tambahan program balap Classic TT race program.”

David Cretney, pejabat pemerintah Isle of Man for Tourism and Motorsport menyatakan, “Saya benar-benar memandang ke depan dengan kembalinya mesin dua langkah di Mountain Course. Mesin dua langkah telah melekat pada banyak balapan bersejarah di Isle of Man, suara dan baunya akan tetap melekat pada banyak ingatan sebagaimana dengan penyelenggaraannya lagi. Satu hal yang penting, ini adalah tontonan olahraga dan kami akan melakukan apa pun agar para fans terhibur dengan pertunjukannya.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*