Bangkok Motorbike Festival 2015 : Unjuk Gigi Industri Motor Thailand

0
78

Bangkok-Motorbike-Festival-2015_4

Bangkok (naikmotor.com) Karena alasan politik, tahun lalu Bangkok Motorbike Festival (BMF) keenam diselenggarakan pada pertengahan tahun (Juli).

Meski demikian, BMF 2014 lalu mampu menjual 600 unit sepeda motor serta membukukan pendapatan sebesar 300 juta Baht. Tidak heran bila The 7th Bangkok Mortorbike Festival 2015, 28 Januari – 1 Februari mendatang disebut bakal lebih sukses.

“Diperkirakan 800 motor akan terjual dengan transaksi sebesar 400 juta Baht termasuk penjualan parts dan apparel serta 1,2 juta pengunjung. Honda Big Bike, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan KTM akan membuat debut model baru mereka selain beberapa merek juga secara khusus akan melakukan kampanye eksklusif di BMF,” ujar Nattapon Trinathy, Managing Director of Cycle Culture Show, Ltd.

Pasar moge di Thailand pada 2014 mengalami kenaikan 22% dibanding 2013 dan tahun ini diprediksikan naik 15-20% dengan situasi ekonomi, politik kondusif yang kuat menjelang bergulirnya AEC (Asean Economic Community)di 2015. Thailand memiliki peranan penting di Asean karena akan menjadi hub bagi negara-negara lainnya.

Beberapa perusahaan multinasional sudah menjadikan Thailand sebagai production base-nya untuk big bike sejak dua hingga tahun belakangan mulai dari Honda dan BMW kemudian Ducati dan Triumph. Dengan demikian, harga moge akan terpangkas murah hingga terjangkau untuk pasar domestik termasuk negara-negara sekitar Myanmar, Laos dan kamboja yang potensial untuk market moge.

Pengusaha Thailand harus bisa mengambil keuntungan sebagai negara penghubung dengan menyesuaikan dan meningkatkan bisnis untuk memperluas pasar ke negara lainnya. Ketentuan pajak perdagangan telah disepakati dalam FTA dengan Jepang, Cina, Korea, India dan Australia, di mana Thailand sangat memilki peranan di kawasan Asean. (tdr/ Laporan : Komar Johari /NM)

Bangkok-Motorbike-Festival-2015_2

LEAVE A REPLY

*