BMW Patenkan Inovasi Rangka Karbon Tanpa Swingarm Belakang untuk Hyperbike

0
Frame kit BMW HP4 Race. Foto: Motorival

NaikMotor – BMW Motorrad kabarnya sedang mengembangkan inovasi baru mereka mengenai frame kit motor baru yang menggunakan rangka karbon dan tidak memiliki lengan ayun belakang. 

Frame kit baru yang tengah pabrikan otomotif Jerman kembangkan ini berupa rangka dengan bahan karbon dan tidak memiliki swingarm belakang. Diwartakan Motorival, sebelumnya BMW juga sudah pernah membangun frame kit karbon berbarengan dengan munculnya HP4 Race. Jadi, besar kemungkinan frame kit ini akan kembali dipasangkan ke hyperbike.

Wujud BMW HP4 Race

Perbedaan frame kit kali ini adalah bagian bawahnya didesain memanjang hingga belakang. Paten rangka terbaru BMW ini menyebutkan meski kerangka hibrida mereka sifatnya hard-tail, tapi serat karbon pada lengannya bersifat fleksibel (#32), sehingga memungkinkan untuk bekerja dengan kit suspensi dalam membantu meningkatkan kemampuan penyerapan gaya guncangan (#34).

Paten rangka karbon BMW. Foto: bikesocial/motorival

Frame kit ini ditujukan untuk pengurangan bobot frame semaksimal mungkin, karena jika pakai yang konvensional, maka butuh swingarm yang kompatibel yang lebih berat. Meski dengan serat karbon sekalipun, struktur akan tetap membutuhkan mur baut dan poros metal yang jadi beban tambahan.

Inovasi dan konsep yang dipatenkan oleh BMW ini masih terbilang cukup awal, sehingga belum bisa diketahui dan dipastikan kapan penerapannya dilakukan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here