BMW MC Jakarta, Eksistensi Klub 3 Generasi

0
BMW-Motorcycle_Club-Jakarta-Raya
BMW MC Jakarta, eksistensi klub penggemar motor BMW klasik sejak 1977 dengan tiga generasi. Foto: Afid

Jakarta (naikmotor) – Di antara komunitas pengendara sepeda motor yang menghadiri Pertamax Plus Enduro Bikers Summit pertama 2015 yang digagas oleh IMBI Djadoel di Sirkuit Sentul, Sabtu (12/12/2015) adalah BMW Motorcycle Club Jakarta (BMW MC Jakarta).

Komunitas penggemar sepeda motor BMW klasik itu telah berdiri sejak 1977. Djoko Soelis, ketua umum periode 2015-16 menjelaskan, “Komunitas ini berdiri karena kesamaan minat terhadap sepeda motor BMW produk lama, seperti R25 hingga model K100. Organisasi ini sudah ‘jadul’ juga, keanggotaannya sudah meliputi 3 generasi,” terang pensiunan Kementerian Pekerjaan Umum tersebut. “BMW MC Jakarta tidak punya cabang atau chapter, ini khusus Jakarta saja.”

“Kebanyakan anggota menggemari sepeda motor BMW lama ini karena kebandelan produknya,” tambah Eka Dewi, sekretaris komunitas yang berusia setengah baya juga tapi masih sanggup mengendarai motor R25 miliknya. Seperti turing dari Jakarta ke Sentul ke tempat event Biker Summit berlangsung.

“Tidak merongrong atau rewel, permasalahan yang terjadi biasanya hanya sekitar pengapian, seperti busi mati atau koil yang kepanasan. Itu terjadi justru pada motor yang jarang dipakai,” sambung Wahidin, mekanik yang mengelola bengkel komunitas yang merangkap sekretariat di Jalan Salam, Pejompongan Jakarta Pusat.

“Selain sosoknya berbahan baja yang tak rentan karat, shockabsorbernya empuk, dan pengendaraannya cenderung mengalun, kalau tidak dibilang pelan,” tambah Eka, yang biasa dipanggil Ibu Uci di kalangan komunitas motor Bavaria jadoel tersebut. “Dan yang terpenting, suaranya tidak berisik seperti motor produk lama lainnya.”

Kini BMW MC Jakarta beranggotakan sekitar 150-an yang terdaftar, dan sekitar 50 orang yang aktif. Komunitas seringkali berkumpul di Pintu Utama Stadion Gelora Bung Karno paling tidak sebulan sekali. Dan kegiatan utama setahun sekali, yakni turing jarak jauh, seperti Jakarta-Surabaya, atau ke Bali. Koleksi anggotanya terdiri model R25 1955, R27, R45, R50, R61 hingga K100 1990. (Afid/nm)

BMW-Motorcycle_Club-Jakarta-Raya_1

LEAVE A REPLY