Alasan Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi Tak Layak Gelar MotoGP

0
Yas-Marina-Sirkuit-Tak-Aman-MotoGP
Layout sirkuit terlalu rapat yang berisiko besar bagi para pembalap membuat Sirkuit Yas Marina tak layak menggelar MotoGP seperti yang diungkapkan Loris Capirossi, divisi teknis safety pembalap di MotoGP.Foto: Yas Marina

Abu Dhabi (naikmotor) – Untuk mendatangkan ajang balap Formula One ke Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi, pemerintah negara yang kaya minyak itu rela membangun sirkuit dengan biaya jutaan dollar Amerika. Hingga akhirnya bukan hanya Formula One saja yang berlangsung di sirkuit tersebut, ajang balap Australian V8 pun menggelar balapan seri jauh di Yas Marina.

Namun bagaimana dengan balap motor MotoGP? hmm, belum tentu. Di beberapa titik memang menyajikan zona run off yang memungkinkan pembalap bangun kembali dengan cepat. Tapi karakter sirkuit yang tembok pembatasnya rapat dengan lintasan, membuatnya tak layak untuk menggelar balap motor prototipe seperti MotoGP.

“Beberapa saat lalu, saya melakukan kunjungan ke Yas Marina untuk melihat potensinya menggelar balap MotoGP. Karena sempat ada wacana bahwa kerajaan di Abu Dhabi menginginkan hal tersebut. Tapi setelah melihatnya secara detail, sangat berisiko menggelar balap MotoGP di sana. Layout sirkuit terlalu rapat dan berisiko besar bagi para pembalap,” ujar Loris Capirossi, divisi teknis safety pembalap di MotoGP.

Mantan pembalap berjuluk Capirex itu sendiri, tak berupaya menjajal Sirkuit Yas Marinas. Lantaran memang tidak ada motor yang bisa Ia gunakan saat melakukan survei. Namun dari sudut pandangnya dari sisi mantan pembalap, sirkuit ini sangat tak layak menggelar balap MotoGP.

Tentu alasannya bukan karena lebar lintasan, permukaan lintasan, panjang lintasan atau pun fasilitas paddock dan hospitality yang terdapat di sana. Namun lebih ke safety pembalap. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here