Sukses di Taiwan, Yamaha Mulai Penjajakan Jual Sepeda Motor Listrik di India

0
Skuter Listrik Yamaha EC-05
Skuter Listrik Yamaha EC-05 Dengan Kombinasi Powertrain Gorgoro. Foto : Electreck

NaikMotor – Yamaha mulai menjajaki negara India untuk menjual sepeda motor listrik. Harapannya beberapa tahun ke depan bisa mulai memproduksi dan menjualnya seperti di Taiwan.

Pada pertengahan 2019, Yamaha telah berhasil meluncurkan sepeda motor listrik di Taiwan. Mengacu pada hal tersebut, pabrikan otomotif asal negeri matahari terbit ini mulai menjajaki India untuk hal serupa.

“Kami melakukan studi kelayakan (motor listrik) dan mencoba memahami persyaratan pasar serta peta jalan pemerintah. Kami mungkin memperkenalkan kendaraan listrik di India dalam beberapa tahun mendatang,” ungkap Senior Vice President Yamaha Motor India Sales, Ravinder Singh dilansir kantor berita Press Trust India (31/8/2020).

Yamaha yang memiliki pabrik di Surajpur, Faridabad, dan Chennai berpendapat bahwa kesuksesan penetrasi pasar motor listrik tergantung pada tiga hal, keterjangkauan produk dan harga, model yang sesuai keinginan konsumen, serta infrastruktur.

“India mampu mencapai kesuksesan melalui kebijakan yang stabil dan perencanaan yang tepat, serta roadmap yang jelas. Tantangan terbesarnya adalah investasi untuk infrastruktur, stasiun pengisian, dan produksi baterai kendaraan listrik.” imbuh Singh.

Seperti diketahui, pada tahun lalu Yamaha telah meluncurkan skuter listrik EC-05 yang menggandeng perusahaan manufaktur lokal Gogoro. Yamaha EC-05 dipasarkan di Taiwan dikisaran harga Rp 49,45 juta. Skuter ini ditargetkan terjual 20.000 unit sepanjang setahun sejak diluncurkan pada 1 Agustus 2019. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here