Paten Baru Tersebar, Honda Africa Twin Bakal Pakai Turbo?

0
Honda Africa Twin Turbo
Paten Honda untuk Africa Twin tersebar, disebut-sebut bakal adopsi turbo maxi enduro. Foto: Blogo

NaikMotor – Honda dikabarkan tengah mengembangkan Africa Twin yang baru dengan menyisipkan turbo untuk maxi enduronya itu. Paten Honda untuk versi turbo Africa Twin rupaya juga sudah beredar luas. 

Blogo menyebutkan Africa Twin baru tampaknya akan mengadopsi kompresor yang ditempatkan di belakang silinder, tepatnya di bagian atas gearbox. Nantinya, udara akan disalurkan lewat tabung di belakang komstir, ke mesin, dipadatkan melalui kompresor, hingga tercampur dengan bahan bakar dan menjadi pasokan mesin. Honda memilih supercharging dengan turbin ganda.

Sebelum memilih menggunakan teknologi ini di Africa Twin, rupanya pada tahun 1970-an pabrikan raksasa Jepang ini juga sudah pernah menggunakan supercharging pada CX500 Turbo. Namun, sayangnya pada masa itu tidak begitu sukses karena tenaganya tidak termodulasi maksimal akibat turbo yang tidak tepat.

Honda Africa Twin Turbo
Foto: Blogo

Tetapi, di masa sekarang, turbo diklaim akan lebih mudah dan “menyenangkan” karena teknologinya pun sudah maju. Honda juga disebut-sebut akan ikut masuk ke daftar pabrikan Jepang yang memiliki motor supercharged meski belum diketahui apakah Africa Twin versi ini akan benar-benar dibuat atau tidak. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY