Resmi! Gantikan Lorenzo, Cal Crutchlow Jadi Test Rider Yamaha

0
Crutchlow Test Rider Yamaha
Crutchlow sudah dipastikan menjadi test rider Yamaha untuk musim depan. Foto: MotoGP

NaikMotor – Yamaha resmi teken kontrak dengan Cal Crutchlow untuk menduduki posisi sebagai test rider di tahun 2021. Kemungkinan besar juga menghampiri mantan pembalap LCR Honda ini untuk mendapat wildcard. 

Yamaha dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Cal Crutchlow untuk membela tim mereka sebagai test rider ataua pembalap uji mulai tahun depan. Dengan pengalamannya yang sudah mencapai tahun ke-10 dan masuk ke-3 pabrikan berbeda, ia dianggap bisa menjadi pembalap yang ideal untuk Yamaha.

Pembalap Inggris ini akan memperkuat tim penguji Yamaha yang telah “berpisah” Jorge Lorenzo dan akan menunggangi YZR-M1. Ia akan ikut mengikuti tes shakedown GP di Sepang pada 14-16 Februari 2021, tes IRTA resmi dan private test Yamaha lainnya untuk membantu pengembangan yang dibutuhkan.

Besar kemungkinan bagi Cal untuk mendapatkan wildcard jika dianggap bisa bermanfaat untuk program pengujian, ia pun dinyatakan siap untuk menjadi pembalap pengganti jika terjadi kasus yang tidak diinginkan menimpa salah satu pembalap Yamaha, misal seperti melewati Race karena cedera ataupun sakit.

Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing pun mengucapkan terima kasihnya kepada Jorge Lorenzo atas ketersediaan, dukungan, dan pengertiannya selama tahun ini karena terhambat akibat pandemi Covid-19. Meski kondisi saat ini menghalami kemitraan mereka untuk mewujudkan tujuan bersama di tahun 2020, rasa hormat antara kedua pihak tetap tidak berubah dan Yamaha pun mendoakan yang terbaik bagi Lorenzo di masa depan.

“Baiklah, pertama-tama saya ingin mengucapkan ‘selamat datang kembali’ kepada Cal. Saya masih ingat kunjungan pertama Cal ke YMR beberapa tahun lalu sebagai Juara Dunia Supersport baru dan ingat dia menyatakan keinginannya untuk maju dan maju ke MotoGP di masa depan. Setelah pindah ke Superbikes, dia kemudian menghabiskan tiga musim bersama kami di tim Monster Energy Yamaha Tech3 sebelum melanjutkan untuk mendapatkan pengalaman tujuh tahun lebih lanjut dengan dua pesaing utama kami. Kekayaan pengalaman ini, ditambah dengan pendekatan jujur ​​yang jujur ​​dari Cal, pasti akan sangat bermanfaat bagi kami saat kami berusaha untuk meningkatkan sepeda YZR-M1 kami dengan program pengujian penuh tahun depan,” cerita Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing.

“Tentu saja, kami telah merencanakan dan mengharapkan program yang kuat tahun ini bersama Jorge. Sayangnya, Tim Uji Pabrik kami segera harus menunda rencana mereka karena pandemi Covid-19 dimulai dan terus memengaruhi tahun 2020 mulai Maret dan seterusnya.”

“Sangat disayangkan bahwa kami belum dapat menjalankan program pengujian kami dan mewujudkan tujuan kami. Kami mendoakan yang terbaik untuk Jorge di masa depan, dan kami berterima kasih atas kolaborasinya selama bertahun-tahun dengan Yamaha,” imbuhnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here