Aturan Soal Penjualan Motor Superbike Pabrikan Bakal Diubah di WSBK

0
293
Syarat-WSBK
Dorna Sports akan mengubah aturan soal syarat minimal penjualan motor Superbike pabrikan untuk ikut WSBK. Foto: Suzuki

Spanyol (naikmotor) – Balap Superbike dunia seperti World Superbike Championship (WSBK), memang jadi hal terpenting bagi para manufaktur untuk melanjutkan riset motor berkapasitas mesin besar untuk dijual umum. Namun untuk ikut di ajang ini juga tak mudah, setiap manufaktur yang ingin mengikutkan tipe motornya untuk balap di WSBK, minimal harus menjual tipe tersebut dalam jumlah minimal.

Misalnya untuk tahun pertama mereka mengikutkan motornya seperti New Suzuki GSX-R, minimal sudah harus terjual sebanyak 500 unit di seluruh dunia di akhir musim pertama keikutsertaan mereka. Sehingga mereka bisa ikut balapan. Sebelumnya syarat minimal penjualan saat dihomologasi pada awal Februari adalah 125 unit, kemudian 250 unit di pertengahan musim dan 500 unit di akhir musim untuk ikut musim selanjutnya.

Manufaktur yang pernah mengalami masalah karena tak mencukupi kuota jualan adalah Eric Buell Racing. Manufaktur asal Amerika yang sahamnya dikuasai oleh Hero Motocorp India tersebut, sebenarnya tak mencukupi kuota penjualan tipe EBR 1190RX. Sehingga Dorna Sports sempat memberikan pengecualian pada tim tersebut.

Namun di masa mendatang, Dorna Sports sangat menyadari bahwa penjualan motor tipe superbike bakal sangat berat. Sehingga syarat minimal penjualan untuk motor tipe yang akan diikutkan, sepertinya tak cocok lagi. Wacana penurunan standar untuk syarat tersebut pun, bakal diturunkan.

Kabarnya jumlah penjualannya akan tetap sama, namun waktunya saja yang diperpanjang. Yaitu 500 unit motor untuk dua tahun sejak keikutsertaan mereka di tahun pertama. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

*