Sering Diacuhkan, Berikut Cara Perawatan Lubang Kunci Kontak Sepeda Motor

0

NaikMotor – Kunci kontak sepeda motor atau key set merupakan salah satu bagian yang sering diacuhkan perawatannya, padahal jika mengalami kerusakan bisa berakibat susah menghidupkan mesin sepeda motor.

Musim hujan sudah terjadi dibeberapa wilayah Indonesia, salah satu yang mungkin terlewat saat merawat motor di musim hujan adalah memastikan rumah kunci kontak dan setang selalu aman.

Seperti diketahui, posisi rumah kunci pada sepeda motor rawan kemasukan air hujan, utamanya ketika motor diparkir di area terbuka saat hujan. Jika hal tersebut terjadi terus menerus, makan lubang kunci rawan kemasukan air hujan yang berpotensi menimbulkan korosi.

Jika sudah begini, keluar-masuk anak kunci pada lubang kuncinya tiba-tiba tak lancar, tak lancar atau ‘seret’ nya keluar masuk anak kunci pada lubang kunci bisa jadi disebabkan adanya korosi. Hal ini biasanya terjadi pada motor, karena rumah kunci motor yang terbuka memungkinkan air atau kotoran masuk meski ada penghalangnya. Tak perlu panik, berikut cara mengatasinya dari Federal Oil.

Mengatasinya cukup mudah, siapkan saja oli mesin atau oli samping. Jangan yang bekas pakai ya, khawatir ada kotoran yang akan ikut masuk. Lebih baik jika menggunakan cairan anti karat.

Oleskan oli pada anak kunci secara merata, selanjutnya masukan pada lubang kuncinya. Atau semprotkan cairan anti karat pada anak kunci dan lubang kunci secukupnya. Lakukan gerakan memasukan dan mencabut anak kunci, lakukan secara perlahan.

Jika terlihat kotoran di penampang anak kunci, bersihkan dan kemudian tambahkan lagi oli atau cairan anti karatnya.

Lakukan langkah ini secara berkelanjutan sampai keluar masuknya anak kunci terasa lancar. Ingat, jangan melakukan secara tergesa-gesa karena akan merusak gerigi pada anak kunci. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here