Beberapa Fakta yang Bakal Ditunggu di MotoGP 2016

0
Fakta-MotoGP-2016
Menjelang musim MotoGP 2016, bakal banyak fakta yang seru untuk disimak termasuk kembalinya Casey Stoner ke Ducati meski baru sekadar test rider. Foto: Ducati

Jakarta (naikmotor) – Tahun 2016 akhirnya kita jalani usai merayakan malam pergantian tahun di semua belahan bumi ini. Pergantian tahun, juga sekaligus menjadi lonceng bagi para pembalap untuk segera mempersiapkan fisik dan mental mereka. Lantaran tahun MotoGP 2016 bakal segera dimulai dengan sesi tes pra musim untuk semua pembalap.

Tentunya musim ini bakal sangat menarik, lantaran banyak fakta yang cukup ditunggu-tunggu fans berat balap paling bergengsi motor prototipe itu. Kali ini Kami akan mengulasnya secara umum, dan selanjutnya bakal dijabarkan bagian-bagian yang membuatnya menarik secara detail dalam beberapa artikel.

Bagian pertama adalah cerita lanjutan perseteruan antara Valentino Rossi VS Marc Marquez dan juga Rossi VS Jorge Lorenzo. Meski kelihatannya mereka adem-ayem saja, namun namanya manusia dan pamor besar bintang yang berada di belakang mereka masing-masing, bakal membawa perbedaan dan ego tersendiri.

Kemudian penggunaan perangkat ECU seragam yang bakal dipasok oleh Magnetti Marelli, penghapusan kategori Open Class yang artinya hanya akan ada tim satelit dan tim manufaktur. Lalu penggunaan ban Michelin sebagai pemasok baru ban di kelas MotoGP. Sebelumnya, Bridgestone didaulat sebagai pemasok tunggal untuk balap di kelas para raja itu.

Fakta lain yang menarik diikuti adalah kompetitivitas mesin Honda yang tahun 2015 sedikit mengalami koreksi. Itu terbukti dari performa Marquez yang sebelumnya sangat konsisten meraih hasil terbaik, tahun lalu mengalami penurunan besar. Ia bahkan lebih sering mengalami insiden terjatuh, sementara Dani Pedrosa hanya mampu mengoleksi dua kemenangan.

Fakta menarik berikutnya adalah meningkatnya performa Suzuki yang baru-baru ini sudah melakukan pengetesan komponen transmisi tanpa jeda atau seamless transmission. Bisa dilihat dari performa tahun 2015 saja, mereka bisa tampil kompetitif, pastinya bakal lebih baik lagi dengan tambahan komponen tersebut.

Fakta lain yang cukup mengejutkan adalah performa Scott Redding di atas motor Ducati. Meski ia menggunakan motor dengan spesifikasi tim satelit, namun Ia mampu tampil sebagai pembalap tercepat di sesi tes resmi akhir musim 2015 lalu.

Kemudian fakta terakhir yang juga mengundang impian penggemar MotoGP adalah Casey Stoner kembali ke kubu Ducati. Meski belum ada pengumuman tentang keikut-sertaan Stoner sebagai pembalap wild card, namun rasanya ini akan sangat ditunggu jika Ia sepakat untuk turun di lintasan bersamaan dengan pembalap lainnya. (Spy/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here