Begini Cara Merawat Ban Sepeda Motor Biar Tetap Awet

0
220
Ban Musim Hujan
Contoh kembangan pada ban.

NaikMotor – Ban juga membutuhkan perawatan agar fungsinya tetap maksimal dan awet. Sebab, merawat ban menjadi penting, karena  merupakan salah satu komponen utama sepeda motor.

Ban merupakan salah satu komponen utama dalam konstruksi sepeda motor, karenannya ban juga membutuhkan perawatan agar fungsinya tetap maksimal dan awet. Bagus, salah satu Kepala Cabang Planet Ban wilayah Pondok Labu ,enuturkan bahwa merawat ban tidaklah susah, bisa dilakukan sendiri di rumah.

Menurutnya, ada lima langkah merawat ban sepeda motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut cara merawatnya.

Tekanan ban

Perhatikan tekanan angin pada ban. Jangan terlalu keras ataupun lembek, cukup berada di kisaran angka 25 Psi. Hal tersebut agar karet ban tidak cepat retak dan pecah apalagi ban yang berusia 3-5 tahun.

Standar tengah

Saat memarkir sepeda motor, usahakan menggunakan standar tengah atau standar dua. Hal ini untuk menjaga tekanan ban agar seimbang dan tidak berat sebelah.

Perhatikan tempat parkir atau alas ban

Pastikan ban tidak menapak pada permukaan yang berminyak atau genangan air. Hal ini untuk mencegah ban cepat menggembung. Selain itu, ruangan juga yang sirkulasi udaranya bagus dan tidak lembab.

Isi dengan Nitrogen

Nitrogen punya banyak manfaat ketimbang angin biasa. Selain punya suhu yang stabil, penggunaan nitrogen bisa membuat bagian dalam ban tidak lembab yang dapat menyebabkan korosi di velg.

Gunakan berkeliling

Jika memungkinkan, gunakan untuk berkeliling sekitar 10-15 menit jika motor didiamkan kurang lebih tiga hari. Hal ini akan membuat kondisi karet tetap elastis sehingga tidak mudah retak.

“Ban juga butuh perawatan, sebab ban merupakan salah satu komponen utama sepda motor. Selain itu karet ban jika tidak pernah dirawat akan cepat getas/keras dan akibatnya akan mudah sobek,” pungkas Bagus. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*