Ini Riding Gear yang Tepat untuk Berkendara Off Road Menurut AHM

0
Riding Gear Off Road
AHM bagikan informasi mengenai pemilihan riding gear yang tepat untuk berkendara off road. Foto: Istimewa

NaikMotor – Saat berkendara Off Road, tidak sembarang riding gear bisa dikenakan. Riding gear yang tepat sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan pengendara di tengah serunya momen menaklukkan tantangan beragam medan atau kontur tanah. 

Johanes Lucky selaku Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengungkapkan bahwa riding gear yang dikenakan untuk kegiatan off road maupun di jalan raya rupanya tidak jauh berbeda, hanya saja ada beberapa elemen riding gear yang spesifikasi dan bentuknya berbeda dari yang biasa.

“Perbedaan ini paling jelas dapat dilihat antara bentuk helm untuk berkendara off road dan on road yang berbeda, disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilintasi. Selain itu, perbedaan bentuk tersebut juga disesuaikan kondisi fisik yang berbeda saat berkendara saat di jalan off road dan on road,” jelasnya.

Nah, untuk lebih lengkapnya, ini dia beberapa hal yang harus dikenakan saat berkendara off road menurut AHM:

  • Helm

Helm sangat penting untuk berkendara on road maupun off road. Helm sendiri berfungsi untuk menghindari benturan secara langsung kepada pengguna sepeda motor. Namun, rupanya ada perbedaan bentuk pada helm untuk off road, yaitu bagian pelindung rahangnya lebih panjang, karena bertujuan untuk memberi sirkulasi udara yang lebih baik serta meminimalisir benturan pada gigi dan rahang jika terjadi benturan.

“Selain itu, biasanya pada helm untuk off road tidak memiliki visor. Pet pada helm off road juga lebih panjang bertujuan melindungi mata dari cipratan tanah dan benda asing yang diakibatkan pengendara di depannya,” jelas Lucky.

  • Goggle

Selanjutnya, goggle. Goggle umumnya dipakai saat sedang berkendara off road untuk menjaga mata dari benda asing dan mencegah pengembunan pada kaca helm akibat dari pernapasan saat berkendara.

“Saat berkendara off road, kinerja fisik lebih dipacu sehingga menyebabkan dibutuhkannya oksigen yang lebih banyak untuk tubuh sehingga berpontensi menyebabkan pengembunan bila menggunakan visor. Oleh karena itu, goggle ini juga membantu pengendara untuk mendapatkan sirkulasi udara pernapasan yang lebih baik saat berkendara daripada menggunakan visor,” jelasnya.

  • Jersey dan Sarung Tangan

Berkendara off road rupanya bisa dikategorikan sebagai aktifitas berat yang menyebabkan keringat berlebih pada pengendara, sehingga, off roader perlu mengenakan jersey yang bahannya mudah menyerap keringat dan cepat kering.

Hal itu berfungsi untuk mencegah pengendara mengalami masalah kesehatan akibat memakai pakaian basah dalam jangka waktu lama. Selain itu, jersey dengan bahan yang ringan dan lentur juga bisa memudahkan pengendara melakukan pergerakan saat beraksi.

Sementara itu, untuk sarung tangan, off roader bisa memilih dan mengenakan sarung tangan dengan bahan kain yang lembut, agar bisa memaksimalkan pergerakan jari dan tangan yang membutuhkan pergerakan lebih cepat saat melewati medan ekstrim.

  • Chest, Inner Knee, dan Elbow Protector

Dianjurkan untuk mengenakan Chest Protector demi melindungi bagian dada pengendara dari benturan dengan stang kemudi atau benda asing yang terlempar mengarah ke bagian dada, karena bahaya yang ditimbulkan saat berkendara off road tentunya lebih tinggi akibat medan yang dilewati tidak stabil.

Perlu juga untuk memakai Inner Knee dan Elbow Protector guna melindungi bagian siku dan lutut saat pengendara terjatuh.

“Ketiga riding gear ini pada umumnya digunakan untuk berkendara ekstrim seperti off road di medan yang berbatu. Perlu diperhatikan juga untuk para pecinta off road, pilihlah spesifikasi riding gear untuk berkendara off road yang tidak mudah bergeser dan memiliki tingkat gesekan yang lebih rendah terhadap tubuh,” ujar Lucky.

  • Sepatu

Terakhir, sepatu. Off roader harus menggunakan sepatu dengan spesifikasi bentuk yang lebih tinggi, sehingga menutupi tulang kering dan betis. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera pada tulang kering jika terjatuh dan tertimpa oleh kendaraannya.

“Pemilihan sepatu juga penting. Spesifikasi yang digunakan untuk off road harus memiliki bahan yang lebih kaku namun tetap mudah dalam menggerakan pergelangan kami sehingga mencegah cedera pada persendian pergelangan kaki saat menahan beban yang berat di medan yang licin,” jelas Lucky. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY