50 Tahun Suzuki Diperingati Secara Virtual dan Diikuti Ribuan Karyawan Serta Diler

0
50 Tahun Suzuki
Perayaan ulang tahun emas Suzuki dikemas secara virtual. Foto: Suzuki Semarang

NaikMotor – Kiprah Suzuki yang tahun ini mencapai setengah abad alias 50 tahun  di Indonesia dirayakan dengsn menggelar perayaan ulang tahun emas yang dikemas secara virtual. Diselenggarakan lewat YouTube, acara ini diikuti ribuan karyawan Suzuki dan diler. 

Genap 50 tahun hadir dan ikut berkontribusi bagi negeri, Suzuki mengadakan perayaan ulang tahun emas virtual via YouTube. Acara yang digelas pada hari ini (07/12/2020) diikuti oleh lebih dari 5.000 karyawan Suzuki dan diler.

“Perayaan ulang tahun emas ini sangat istimewa dan berarti bagi keluarga besar Suzuki Indonesia. Dari dulu sampai sekarang, kami terus berkarya dan berkomitmen memberikan produk-produk dan layanan berkualitas untuk masyarakat, sehingga saat ini Suzuki bisa menjadi salah satu merk otomotif terbaik di Indonesia,” ujar Seiji Itayama, President Director PT SIM/SIS.

Legenda otomotif Indonesia, Soebronto Laras, yang juga menjabat sebagai Komisaris Suzuki pun turut memberikan sambutan dan apresiasi untuk seluruh karyawan Suzuki. Lalu, Bambang Soebijanto, selaku Direktur PT SIM juga ikut hadir dan menyampaikan kata sambutannya.

Dr. Ir. Taufik Bawazier M.si, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (Ilmate) yang mewakili Kementrian Perindustrian RI serta Masafumi Ishii, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, mengucapkan selamat yang dilakukan secara virtual.

“Dengan komitmen Indonesia untuk menjadi pilar ke-3 dalam grup Suzuki setelah Jepang dan India, saya harap Suzuki Indonesia dapat meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45% dan menjadikan Suzuki Indonesia sebagai mother plan tidak hanya untuk kendaraan MPV tapi juga niaga. Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional dengan cara melakukan transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi dan design & development,” ungkap Taufik Bawazier.

“Melalui investasi, produksi, dan ekspor Suzuki memperkerjakan sebanyak lebih dari 5.000 tenaga kerja saat ini, sehingga berkontribusi besar pada pengembangan ekonomi di Indonesia. Kami, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Jakarta Japan Club, memandang upaya Suzuki meningkatkan ekspor dan investasi serta membangun SDM di Indonesia adalah upaya yang bermakna sebagai contoh inovatif bagi pergusahaan lainnya. Kami berharap bisnis Suzuki di Indonesia dapat terus berkembang dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia lebih erat,” tutur Duta Besar Masafumi Ishii.

Memulai bisnis di Tanah Air pada tahun 1970, hingga 2019 Suzuki sudah memproduksi lebih dari 11.000.000 unit sepeda motor. Suzuki Indonesia juga telah melakukan kegiatan ekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1.300.000 unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat.

Suzuki juga melaksanakan kewajibannya, menjalani salah satu komitmen perusahaan dengan melakukan berbagai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), seperti Clean Up the World, yaitu kegiatan membersihkan lingkungan pantai dengan masyarakat sekitar.

Selain itu Suzuki juga melakukan kegiatan CSR lain seperti donasi mobil untuk SMK-SMK yang dapat dijadikan bahan praktik dan pembelajaran, penanaman pohon, donasi ambulans, donasi bencana alam, dan berbagai kegiatan lainnya sebagai bentuk apresiasi Suzuki terhadap masyarakat Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama konsumen, yang selalu mendukung Suzuki hingga mampu menginjak usia ke-50 di Indonesia. Saya harap perayaan ini mampu membuat seluruh elemen perusahaan semakin solid agar tetap bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia,” tutup Itayama. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY