Brno Tidak Menggelar MotoGP Lagi, ini Penyebabnya

0
Brno Tidak Menggelar MotoGP
Sirkuit Automotodrom Brno, Ceko tidak masuk kalender MotoGP 2021. Foto: dorna MotoGP

NaikMotor – Sirkuit di Ceko, Automotodrom Brno tidak menggelar MotoGP pada 2021. Meski kontrak dengan Dorna Sport selaku promotor MotoGP baru selesai akhir 2021.

Meski Brno adalah tempat GP tradisional. Bos Dora Sport selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta memuji tata letak trek yang menarik. “Tapi kami tidak mampu memainkan permainan seperti itu setiap tahun,” kata bos Dorna. “Karena kami memiliki banyak negara baru lainnya yang mencoba menggelar Grand Prix.”

Bukan kali ini saja Brno bermasalah, sebelumnya pernah dirundung soal fee kepada Dorna, seperti pada 2018. Kali ini, Brno tidak menggelar MotoGP 2021, alias tidak masuk dalam kalender musim depan. Sehingga dalam kalender per Agustus 2021, gelaran seri dipindah ke Sirkuit Igora Drive dekat St Peterburg, Rusia.

Pengelola Brno, “Spolek pro pořádání Grand Prix” diketahui wanprestasi mengenai pengelolaan dan penyelenggaraan. Meski dalam 5 tahun terakhir telah menggelar MotoGP.

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta menyatakan alasan dikeluarkannya Brno GP dari kalender 2021, “Kami minta renovasi, misalnya ruang ambang pintu diperbesar dan permukaan aspal baru. Orang Ceko kemudian berkata bahwa mereka tidak punya cukup waktu. Kami keberatan dan berkata: ‘Anda terus menunda pekerjaan ini selama empat tahun.'”

Tetapi persoalan Brno, ternyata tidak lepas dari masalah politik dalam negeri Ceko sendiri. Spolek ternyata dikelola beberapa politikus Ceko, yang partainya berkuasa pada periode sebelumnya. Ayah Pembalap Ceko, Karel Abraham Sr selaku pemilik menyatakan dirinya memang menyewakan sirkuit kepada Spolek. Kontrak dengan Dorna sebelumnya memang didukung penuh partai berkuasa saat itu. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here