Ini Beberapa Gejala Busi Mulai Rusak Menurut Astra Motor

0
239
Busi Rusak
Astra Motor bagikan informasi mengenai beberapa gejala busi yang sudah mulai rusak. Foto: Astra Motor (IG)

NaikMotor – Busi yang mulai rusak bisa menyebabkan mesin sepeda motor sering tersendat atau bahkan mati. Biar tak makin ribet, sebaiknya kenali gejala busi yang sudah tidak sehat sehingga bisa langsung diganti. 

Memiliki peranan penting untuk mesin motor, seperti proses pembakaran bahan bakar, busi pun menjadi salah satu komponen sepeda motor yang cukup krusial. Oleh karena itu, Astra Motor menganjurkan untuk memahami gejala busi rusak agar bisa segera diganti jika memang sudah tidak dalam kondisi baik.

Menurut Astra Motor, ada beberapa gejala yang bisa dilihat, antara lain:

  • Mesin motor sudah mulai susah dihidupkan dengan cara electric starter ataupun kick starter. Hal ini terjadi karena busi tidak memberikan percikan api yang cukup pada pengapian di ruang bakar.
  • Perhatikan suara mesin saat dihidupkan. Jika suara mesin terdengar kasar dan membuat motor terasa cukup bergetar, kemungkinan busi perlu di ganti.
  • Adanya missed fire dalam ruang bakar alias silinder. Gejalanya adalah mesin sering berhenti sesaat.
  • Jika motor mulai terasa boros, itu juga merupakan gejala busi perlu diganti, karena pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar.
  • Jika akselerasi motor terasa tertahan dan tidak maksimal, serta motor tidak responsif saat gas dibuka, itu merupakan tanda-tanda busi dalam kondisi buruk.

Itu tadi beberapa tanda yang bisa menujukkan bahwa busi motor sudah dalam kondisi yang tidak sempurna. Jangan lupa untuk segera diganti agar performa dan kinerja sepeda motor kembali baik. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*