Ini Plus Minus Penggunaan Ban Dual Purpose Menurut Wahana Honda

0
101
Jenis Ban
Rupanya, ada beberapa jenis ban yang cocok untuk digunakan saat musim hujan. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Penggunaan ban dual purpose rupanya memiliki plus dan minus tersendiri. Maka dari itu, sebelum mengganti ban dengan ban yang dapat digunakan di berbagai macam medan ini, pahami dulu fungsi dan kegunaannya… 

Familiar dengan istilah ban dual purpose? Ban ini diciptakan untuk dapat menempuh berbagai macam medan jalanan, baik on-road maupun off-road. Sehingga, tidak mengherankan jika ban ini banyak digunakan oleh Motoris yang

Dengan menggunakan ban ini, Motoris tidak perlu repot melakukan penggantian ban setiap kali akan melakuakn perjalanan, karena ban ini dapat mencakup seluruh kebutuhan berkendara dan melibas trek dengan mudah.

Nah, sebelum mengganti ban dengan ban dual purpose, pastikan untuk memahai plus dan minus dari jenis ban satu ini. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan bannya yang dijelaskan oleh Wahana Honda:

  • Nyaman digunakan di berbagai medan

Motoris tidak perlu khawatir jika sepeda motornya harus melibas jalanan rusak, berbatu, dan penuh tantangan lainnya jika menggunakan ban dual purpose. Ban ini akan memberikan kenyamanan saat berkendara di jalan yang kurang mulus berkat motif tapak bannya serta materialnya yang lebih awet.

+ Tidak gampang aus

Material ban ini berbeda dari ban on-road pada umumnya. Ban dual purpose pun memiliki usia pakai yang cukup panjang serta tidak mudah aus, sehingga bisa digunakan kapan pun di mana pun tanpa harus takut ban akan gundul dalam waktu singkat.

+ Lebih mulus saat melewati tikungan

Permukaan ban ini memiliki kekuatan yang cukup baik, sehingga dapat memperluas landasan serta jadi lebih nyaman saat melewati tikungan.

– Kekuatan cengkraman ban kurang maksimal

Jika dibandingkan dengan ban on-road, ban ini memiliki tingkat kekuatan cengkraman yang kurang. Apalagi jika ban ini hanya digunakan di jalan raya tanpa menyentuh medan terjal.

– Tidak cocok untuk digunakan di motor sport

Ban ini tidak dianjurkan dipasang di jenis motor yang melakukan manuver dengan kecepatan tinggi, sehingga kurang optimal jika digunakan di motor sport. Desain ban ini juga terlihat lebih menonjol, tentunya agak kurang pas apabila diaplikasikan ke motor sport.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan ban dual purpose. Jika ingin menggunakan ban ini, pahami terlebih dulu plus dan minusnya sehingga dapat menentukan jenis ban apa yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan Motoris dan motor kesayangannya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*