KTM 1290 Super Adventure S Dihadirkan dengan Elektronik dan Cruise Control

0
82
KTM 1290 Super Adventure
KTM 1290 Super Adventure S 2021 bakal tersedia di diler internasional mulai Maret 2021. Foto: KTM

NaikMotor – KTM meluncurkan sebuah era baru dari seri KTM 1290 Super Adventure S yang telah berevolusi dan memiliki tingkat kinerja tinggi beserta komponen mutakhir. 

Generasi ketiga dari model KTM Adventure di atas 1000 cc, KTM 1290 Super Adventure S hadir sebagai motor adventure paling sportif dan memiliki teknologi canggih buatan pabrikan Mattighofen, Austria. Motor ini diciptakan untuk memberikan keuntungan bagi pecinta sport-tourer dengan performa tinggi dan nyaman saat melibas medan apapun.

KTM 1290 Super Adventure

KTM membuat perombakan sasis dan membuat distribusi bobot meningkat, begitu pula dengan kelincahan berkendaranya. Sensasi manuver lebih tajam dapat tercaai dengan menggerakkan kepala kemudi ke belakang 15 mm dan menempatkan kembali bagian depan mesin.

Swingarm kiri juga terbuka lebih panjang dan berfungsi untuk memberikan rasa yang lebih stabil saat berakselerasi. Subframe-nya pun dibuat untuk menjadikan ketinggian jok lebih rendah tanpa mengorbankan daya tahan dan kepraktisannya.

KTM pun membekali motor baru ini dengan tangki anyar berkapasitas 23 liter dan satu set bodywork yang dapat menambah kesan gesit si kuda bes. Jok barunya juga memiliki dua tingkat dan dapat disesuaikan sebesar 20 mm.

Secara keseluruhan, generasi terbaru 1290 Super Adventure S ini diklaim unggul karena sentralisasi massa lebih rendah dan keseimbangan bobot yang halus. KTM juga turut meningkatkan kinerja motor lewat teknologi elektronik baru dengan tingkat kontrol traksi yang tidak terlalu menggangu di Riding Mode (rain, street, sport, off-road, dan rally yang opsional) yang diperbarui.

Disisipkan pula sistem Adaptive Cruise Control yang inovatif sebagai standar untuk tahun 2021. Bekerja sama dengan Bosch, KTM mengembangkan sistem radar yang secara otomatis menyesuaikan jarak aman dengan lalu lintas di depan ke lima tahap yang dapat diatur dengan sakelar setang yang bisa dirancang ulang.

KTM 1290 Super Adventure

Berbekal mesin V-twin Euro5, KTM 1290 Super Adventure S dapat menghasilkan daya 160 hp dan 138 Nm yang terlihat lebih ringan berkat casing mesinnya yang baru dan lebih tipis serta sirkuit oli baru. Knalpot dengan tip gandanya juga di-upgrade dan perpindahan gigi dengan mekanisme Pankl yang direvisi juga membawa peningkatkan besar pada Quickshifter dan opsionalnya.

Berikut ini highlights dari KTM 1290 Super Adventure S 2021:

  • Ergonomi baru -> tangki bahan bakar baru, jok bawah & plastik baru
  • Pengerjaan ulang bodi -> chassis lebih pendek, subframe baru & swingarm lebih panjang
  • Distribusi bobot yang dioptimalkan -> kelincahan tambahan
  • Elektronik generasi baru -> ACC inovatif & MTC sudut yang dikerjakan ulang
  • Tampilan TFT 7 inci yang lebih intuitif -> aksesibilitas optimal
  • Sakelar setang yang didesain ulang, CCU yang ditingkatkan
  • Mesin LC8 1301cc yang direvisi -> 160 hp & 138 Nm
  • Generasi berikutnya of Semi-Active Suspension
  • Remodeled opsional technology -> Suspension Pro, Rally Pack & Tech Pack

“KTM 1290 Super Adventure S 2021 adalah sepeda motor sporty yang dirancang untuk menawarkan kesenangan berkendara yang tiada tara di medan apa pun. Dengan model ini KTM memasuki generasi ketiga sepeda Travel-Enduro besar untuk petualang jalanan dan kerikil,” ujar Joachim Sauer, Manajer Produk KTM.

“Mengumpulkan umpan balik dari pasar, kami berfokus pada peningkatan perasaan pengendara dan ergonomis sambil memperkenalkan terobosan kemajuan, seperti Adaptive Cruise Control, cara KTM. Untuk menghargai keajaiban ACC kami, Anda perlu mempertimbangkan bahwa jalan yang ideal untuk mengalami performa mendebarkan dari KTM 1290 Super Adventure S mungkin terletak beberapa jam lagi.”

“Dengan jalan raya di antaranya, ACC akan membiarkan Anda melewati transit membuat Anda siap untuk menyerang jika memungkinkan. Model generasi baru akan membawa Anda sejauh, selama dan sekeras yang Anda inginkan sambil menjaga DNA KTM asli tetap kuat dengan potensi performa yang ditingkatkan,” lanjutnya.

Generasi baru 1290 Super Adventure S ini sendiri akan tersedia di diler KTM internasional (tidak termasuk Amerika Utara) mulai Maret 2021. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*