Demi Alasan Keselamatan, Tikungan 10 Sirkuit Catalunya Didesain Ulang

0
Sirkuit MotoGP Catalunya
Renovasi tikungan 10 Sirkuit Catalunya. Foto: paddock-gp

NaikMotor – Sirkuit MotoGP Catalunya, Barcelona mengalami perubahan desain pada tikungan 10. Ubahan ini dilakukan dengan alasan keselamatan untuk berlangsungnya MotoGP musim 2021.

Rencana renovasi tikungan ini. sudah direncanakan sejak Desember 2020. Nantinya tikungan 10 Sirkuit Catalunya ini akan menggunakan tata letak yang sama dengan yang digunakan untuk lintasan Formula 1.

“Kami melakukan penyesuaian lagi diantara tikungan 10 dan 11 lintasan. Kemungkinan pekerjaan ini akan selesai akhir pekan ini,” kata General Manager Sirkuit Catalunya, Josep Lluis Santamaria.

Sirkuit MotoGP Catalunya

Menurut Lluis, desain ulang tikungan 10 ini hanya akan menyesuaikan dengan standar baru yang mengikuti lintas Formula 1. Jadi perbaikan sirkuit tidak dirombak secara keseluruhan.

“Kami hanya melakukan penyesuaian lane, sementara untuk sistem drainasenya masih seperti yang lama. Nantinya akan ada penyesuaian drainase dengan lane,” ujarnya.

Keamanan tikungan 10 dan 11 sirkuit ini akan ditingkatkan dengan dibuat area run off yang lebih lebar. Kemudian dibuat juga area kerikil yang dikhususkan agar pembalap tidak mencapai dinding saat terjatuh.

Sirkuit MotoGP Catalunya akan kembali dibuka pada Februari mendatang dan mulai bisa digunakan untuk private test dan acara yang sudah dijadwalkan. Berdasarkan kalender MotoGP 2021, Sirkuit Catalunya akan kebagian race pada 6 Juni 2021. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here